header-int

Awasi Pelaksanaan Rapid Tes KPPS, Panwaslu Kebonagung; Pantang Kendor Terapkan Protokol Kesehatan

Minggu, 29 Nov 2020, 01:25:31 WIB - 353 View
Share
Awasi Pelaksanaan Rapid Tes KPPS, Panwaslu Kebonagung; Pantang Kendor Terapkan Protokol Kesehatan

Dalam rangka memastikan suasana keamanan dan kenyamanan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan Tahun 2020 bagi para pemilih. Panwaslu Kebonagung melakukan pengawasan rapid tes masal terhadap KPPS se-Kecamatan Kebonagung. Jumat, 27/11/ 2020 di Pendopo Kecamatan kebonagung dan Balai Desa Ketro.

Para penyelenggara pemilihan sebagai garda terdepan demokrasi di tingkat TPS harus bisa memberikan teladan atau contoh yang baik kepada para pemilih. Dengan datang ke tempat rapid tes tidak bersamaan dan melakukan antri dengan jarak 1 meter sebagaimana diamanahkan

PKPU nomor 6 tahun 2020 yang terakhir diubah menjadi PKPU nomor 13 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam corona virus 2019 (Covid-19).

Budianto, selaku ketua Panwaslu Kebonagung mengatakan bahwa secara lisan sudah diingatkan lewat PPK Kebonagung untuk para peserta bersikap disiplin dan menjaga jarak dalam proses pengambilan spesimen rapid tersebut. "Langkah selanjutnya yang ditempuh dilakukan dengan cara menyampaikan lewat mikrofon atau pengeras suara. Karena yang kami takuti adalah terjadinya cluster pemilih setelah acara hajatan pesta demokrasi di pacitan", Tegasnya.

Sesuai dengan mekanisme dan Prosedur pengawasan, maka panwaslu kebonagung membuat Formulir model A direkomendasikan kepada PPK Kebonagung sebagai upaya saran dan perbaikan untuk ditindak lanjuti dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Kedepan masih banyak kegiatan – kegiatan yang melibatkan kerumunan massa yang banyak yang akan dilakukan seperti pendistribusian logistik dan puncak demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan Tahun 2020 yaitu pemungutan suara di TPS yang rentan dengan resiko adanya penyebaran covid 19.

Harapan kita semoga kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan massa banyak tetap bersikap disiplin dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan regulasi yang berlaku.(Humas)

 

Bawaslu Pacitan Badan Pengawas Pemilihan Umum (disingkat Bawaslu) Kabupaten Pacitan adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di kabupaten Pacitan. Jumlah anggota Bawaslu sebanyak 5 (lima) orang. Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik. Dalam melaksanakan tugasnya anggota Bawaslu didukung oleh Kepala Kesekretariatan Pengawas Pemilu.

Alamat Kantor Bawaslu Kabupaten Pacitan :
Jl. MT. Haryono No. 60 Ploso, Pacitan
Telepon: 0357-3230330
email: set.pacitan@bawaslu.go.id
© 2021 Bawaslu Kabupaten Pacitan Follow Bawaslu Kabupaten Pacitan : Facebook Twitter Linked Youtube