header-int

Bawaslu Pacitan Awasi Pembukaan Kotak Suara Yang Dilakukan KPU Pacitan

Jumat, 26 Mar 2021, 13:07:09 WIB - 204 View
Share
Bawaslu Pacitan Awasi Pembukaan Kotak Suara Yang Dilakukan KPU Pacitan
Ketua Bawaslu Pacitan saat memberikan sambutan pada Pembukaan Kotak Suara

Bertujuan untuk menindaklanjuti Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 218/PL.02-SD/01/KPU/111/2021. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan lakukan pembukaan kotak  suara untuk mengambil data sebagai bahan evaluasi Pemilihan Serentak Tahun 2020. Bawaslu Pacitan lakukan pengawasan melekat. Jumat, 28/III/2021.

Adapun data yang diambil dari kotak suara berupa formulir Model C. Daftar Hadir Pemilih-KWK, Model C. Daftar Hadir Pemilih Pindahan-KWK dan C.Daftar Hadir Pemilih Tambahan-KWK.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Pacitan mengatakan karena belum ada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. “Pembukaan kotak suara harus hati-hati. Jangan sampai membuka sampul yang masih tersegel. Pembukaan kotak hanya dilakukan betul-betul untuk mengambil formulir daftar hadir”, Tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pacitan menyampaikan bahwa sesuai dengan perintah KPU RI untuk mengambil data yang ada di kotak suara maka dilakukan pembukaan kotak suara. “Proses mengambil data dengan cara mengambil formulir Model C. Daftar Hadir Pemilih-KWK, Model C. Daftar Hadir Pemilih Pindahan-KWK dan C.Daftar Hadir Pemilih Tambahan-KWK, kemudian mendokumentasikan dengan cara memfoto atau menscan, mengembalikan dan menutup kembali kotak suara dengan cara memasang gembok/kabel ties/pengaman lainnya terakhir menuangkan ke dalam berita acara seluruh proses pelaksanaan pembukaan kotak suara”, Terang Sulistyorini.

Sebagai informasi tambahan pembukaan kotak tersebut dilakukan untuk 1.299 kotak suara. Dan hasilnya akan dilakukan input data ke dalam Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH). Serta dari Divisi Pengawasan dan Hubal Bawaslu Pacitan menghimbau, bahwa sebagai output hasil pengawasan agar diberikan Salinan Berita Acara dari Pembukaan Kotak Suara tersebut.

Bawaslu Pacitan Badan Pengawas Pemilihan Umum (disingkat Bawaslu) Kabupaten Pacitan adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di kabupaten Pacitan. Jumlah anggota Bawaslu sebanyak 5 (lima) orang. Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik. Dalam melaksanakan tugasnya anggota Bawaslu didukung oleh Kepala Kesekretariatan Pengawas Pemilu.

Alamat Kantor Bawaslu Kabupaten Pacitan :
Jl. MT. Haryono No. 60 Ploso, Pacitan
Telepon: 0357-3230330
email: set.pacitan@bawaslu.go.id
© 2021 Bawaslu Kabupaten Pacitan Follow Bawaslu Kabupaten Pacitan : Facebook Twitter Linked Youtube