header-int

Bawaslu Tegaskan Ibu Hamil Dilarang Terlibat Kampanye

Senin, 07 Des 2020, 00:41:20 WIB - 288 View
Share
Bawaslu Tegaskan Ibu Hamil Dilarang Terlibat Kampanye

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pacitan menegaskan larangan kegiatan kampanye bagi perempuan hamil dan manyusui. Menurut Kordinator Divisi Pengawas Hubungan Antar Lembaga, Sulami larangan itu tertuang dalam PKPU.

“Larangan pelibatan anak-anak, balita Ibu hamil menyusui dalam kegiatan tatap muka kampanye itu memang benar dan itu tertuang dalam PKPU Nomor 13 tahun 2020 tepatnya pasal 88 e ayat 1,” ujar Sulami.1/12/20

Sulami menerangkan larangan bagi parpol, gabungan parpol, paslon, LO dan tim kampanye untuk tidak melibatkan anak-anak, balita, ibu hamil menyusui dan orang lanjut usia karena terkait prosedur kesehatan.

“Jadi aturan disini lebih spesifiknya terkait protokol kesehatan. Kemudian pada ayat 2 khusus ibu hamil maupun menyusui diperbolehkan mengikuti kegiatan kampanye tatap muka tetapi melalui media daring atau online,” jelas Sulami.

Bagi yang melanggar aturan itu kata Sulami bakal dikenai sanksi berupa peringatan tertulis. Selain itu katanya penyelenggara kegiatan kampanye diharuskan mengeluarkan ibu hamil maupun menyusui dari lokasi kegiatan kampanye tatap muka.

“Pada ayat 3 menjelaskan sanksi bagi pelanggar aturan berupa peringatan tertulis. Kemudian yang bersangkutan (ibu hamil) tidak diminta untuk keluar dari ruangan kegiatan tatap muka atau diminga pulang,” pungkas Sulami.(Humas)


 

Bawaslu Pacitan Badan Pengawas Pemilihan Umum (disingkat Bawaslu) Kabupaten Pacitan adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di kabupaten Pacitan. Jumlah anggota Bawaslu sebanyak 5 (lima) orang. Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik. Dalam melaksanakan tugasnya anggota Bawaslu didukung oleh Kepala Kesekretariatan Pengawas Pemilu.

Alamat Kantor Bawaslu Kabupaten Pacitan :
Jl. MT. Haryono No. 60 Ploso, Pacitan
Telepon: 0357-3230330
email: set.pacitan@bawaslu.go.id
© 2021 Bawaslu Kabupaten Pacitan Follow Bawaslu Kabupaten Pacitan : Facebook Twitter Linked Youtube