header-int

Disabilitas Bukan Halangan Untuk Menjadi Pengawas Pemilihan

Senin, 16 Nov 2020, 22:36:48 WIB - 110 View
Share
Disabilitas Bukan Halangan Untuk  Menjadi Pengawas Pemilihan

Panwaslu Kecamatan Tulakan, melantik dan mengambil sumpah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se- Kecamatan Tulakan. Para Pengawas TPS ini akan bertugas di setiap TPS yang tersebar di wilayah Kecamatan Tulakan. Terdapat 184 PTPS yang terlantik yang dibagi menjadi 2 sesi. Senin, 16/11/2020 bertempat di Balai Desa Jatigunung.

Ada yang berbeda dengan pelantikan PTPS Tulakan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan tahun 2020 kali ini. Pasalnya, dari 184 PTPS yang terlantik terdapat  seorang penyandang disabilitas menjadi Pengawas TPS. Dengan keterbatasan fisik tersebut tidak menghalanginya untuk menyadang gelar sebagai pengawas. Dialah Rosyidin, Pengawas TPS 16 Desa Jatigunung.

Eko Purniawan selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Tulakan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. “Baru kali ini ada penyandang disabilitas ikut serta dalam perekrutan Pengawas TPS dan mereka punya hak sama untuk ikut serta di perekrutan ini, asalkan mampu dan cakap” ujar Eko Purniawan selaku Ketua Panwascam Tulakan.

Sesuai dengan Undang- Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pada pasal 5 menyatakan, penyandang disabilitas yang memenuhi syarat mempunyai kesempatan yang sama sebagi pemilih, sebagai calon anggota DPR, sebagai calon anggota DPD, sebagai calon Presiden/ Wakil Presiden, sebagai calon anggota DPRD, dan sebagai penyelenggara Pemilu. 

Mengacu dasar tersebut, sudah jelas bahwa penyandang disabilitas bisa menjadi penyelenggara. Baik itu pengawas atau pelaksana pemilu. Hal ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada penyandang disabilitas lainnya, pungkas Eko.(Humas)
 

Bawaslu Pacitan Badan Pengawas Pemilihan Umum (disingkat Bawaslu) Kabupaten Pacitan adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di kabupaten Pacitan. Jumlah anggota Bawaslu sebanyak 5 (lima) orang. Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik. Dalam melaksanakan tugasnya anggota Bawaslu didukung oleh Kepala Kesekretariatan Pengawas Pemilu.

Alamat Kantor Bawaslu Kabupaten Pacitan :
Jl. MT. Haryono No. 60 Ploso, Pacitan
Telepon: 0357-3230330
email: bawaslupacitan@gmail.com
© 2020 Bawaslu Kabupaten Pacitan Follow Bawaslu Kabupaten Pacitan : Facebook Twitter Linked Youtube