header-int

Form A, Senjata Andalan Pengawas Saat Mengawasi Pelaksanaan Pungut Hitung PTPS

Minggu, 29 Nov 2020, 01:23:16 WIB - 445 View
Share
Form A, Senjata Andalan Pengawas Saat Mengawasi Pelaksanaan Pungut Hitung PTPS

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan Tahun 2020 tinggal hitungan hari. Guna memperkuat kapasitas  pengawas dilapangan sebagai ujung tombak pelaksanaan demokrasi di Pacitan. Panwaslu Kebonagung lakukan pembekalan kapasitas dengan melaksanakan bimtek Pengawas TPS. Senin, 23/11/2020 bertempat dibalai Desa Purwoasri.

Dalam kesempatan tersebut, Agung Prasedyanto selaku Devisi Hukum, Penindakan Pelanggaraan dan Sengketa, mewanti –wanti betul kepada peserta untuk memperhatikan pelaksanaan pencoblosan sesuai ketentuan yang berlaku. "Pengawas TPS harus mengawasi sesuai pedoman yang telah disampaikan, baik penyelenggara KPPS maupun Pemilih sesuai dengan PKPU 13 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil wali kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam corona virus disease 2019 (covid 19)", Ungkapnya.    

Jika terdapat hal –hal yang tidak sesuai prosedur, maka Pengawas TPS memberikan saran perbaikan kepada KPPS untuk melaksanakan tindakan sesuai prosedur. Kemudian selanjutnya pengawas tps diharapkan mencatat kejadian tersebut kedalam form A  dengan menyertakan bukti foto atau video atau bukti pendukung lainnya. Serta melaporkan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa. Demikianlah proses prosedur alur pengawasan pada saat pemungutan suara ditingkas TPS yang dilakukan oleh panwas TPS “ lanjutnya.     

Lebih lanjut, Budianto selaku Ketua Panwaslu Kebonagung menambahi, bahwa pengawasan yang dilakukan tergantung dari kredebilitas, integritas dan kapasitas yang ada. "Salah satunya adalah dengan adanya form A sebagai suatu alat pengawasan yang harus diketahui dan dilaksanakan para pengawas TPS, sebagai suatu bentuk pencegahan (preventif) dalam pengawasan disetiap tahapannnya", terangnya.    

Harapan bersama semoga pengawas TPS dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai peraturan perundang –undangan yang berlaku .(Humas)

Bawaslu Pacitan Badan Pengawas Pemilihan Umum (disingkat Bawaslu) Kabupaten Pacitan adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di kabupaten Pacitan. Jumlah anggota Bawaslu sebanyak 5 (lima) orang. Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik. Dalam melaksanakan tugasnya anggota Bawaslu didukung oleh Kepala Kesekretariatan Pengawas Pemilu.

Alamat Kantor Bawaslu Kabupaten Pacitan :
Jl. MT. Haryono No. 60 Ploso, Pacitan
Telepon: 0357-3230330
email: set.pacitan@bawaslu.go.id
© 2021 Bawaslu Kabupaten Pacitan Follow Bawaslu Kabupaten Pacitan : Facebook Twitter Linked Youtube