Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Bagikan Semangat Pemilu Damai Dengan Bagikan Ribuan Souvenir

Bawaslu Bagikan Semangat Pemilu Damai Dengan Bagikan Ribuan Souvenir

Dengan tujuan mengajak seluruh peserta pemilu tahun 2019 untuk melaksanakan pemilu yang berintegritas, Bawaslu Kabupaten menggelar Senam Awas yang dirangkaikan dengan Deklarasi Siap Menang Bermartabat dan Kalah Terhormat di Alun - Alun Kabupaten Pacitan (23/09/2018). Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 500 an orang yang teridiri dari perwakilan Partai Politik peserta pemilu beserta calegnya, Panwascam dan PPKD se-Kabupaten Pacitan dan mengundang seluruh masyarakat yang berada disekitar Alun-alun.

Acara yang dimulai sejak pagi ini diawali dengan Senam Awas berlangsung dengan penuh semangat kebersamaan. Masyarakat dan peserta deklarasi terlihat antusias menyaksikan deklarasi pemilu damai sampai pada penanda tanganan prasasti Siap Menang Bermartabat dan Kalah oleh peserta pemilu diikuti oleh calon legislatif.

Selain acara inti deklarasi, Bawaslu juga membagikan ribuan souvenir kepada masyarakat yang ikut hadir dalam kegiatan Senam Awas dan Deklarasi Siap Menang Bermartabat dan Kalah ini. Souvenir ini dibagikan gratis untuk berbagi semangat pemilu damai serta sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat jika tanggal 23 September ini merupakan awal kampanye sampai pada tanggal 13 April 2018 nanti. Hal ini diungkapkan oleh Agus Hariyanto selaku ketua Panitia kegiatan sekaligus Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Pacitan.

Lebih lanjut Agus kepada media juga mengajak kepada seluruh masyarakat Pacitan untuk ikut berpartisipasi dengan mengawasi pelaksanaan kampanye pemilu 2019. "Kami mengajak seluruh masyarakat bersama Bawaslu untuk mengawasi pemilu yang Jujur, Adil, dan Bermartabat" Tegasnya saat diwawancarai.

Sementara itu Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus berharap melalui kegiatan ini bisa tercapai pemilu yang jujur dan bermartabat. "Kami mengimbau kepada para caleg selalu berkoordinasi, agar selama pelaksanaan kampanye berjalan dengan lancar tidak ada pelanggaran," pintanya.

Adapun isi deklarasi tersebut :

Bahwa Kami Peserta Pemilu 2019 Beserta Calon Anggota Legislatif yang Daftarkan Berkomitmen Untuk :

1. Menjunjung tinggi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta mentaati semua peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Menolak dan melawan segala bentuk politik uang dan politisasi sara dan terwujudnya pemilu berintegritas.

3. Mendukung suksesnya pemilu tahun 2019 dengan semangat siap menang bermartabat dan kalah terhormat