Lompat ke isi utama

Berita

Lewat Gelar Seni Budaya Lokal Bawaslu Pacitan Ajak Warga Masyarakat Awasi Pemilu/Pilkada

Lewat Gelar Seni Budaya Lokal Bawaslu Pacitan Ajak Warga Masyarakat Awasi Pemilu/Pilkada

Pacitan - Mengingat begitu pentingnya peran Bawaslu Kabupaten/Kota dalam mengawal pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia, Bawaslu Kabupaten Pacitan menggelar Sosialisasi dengan tema Tugas-Tugas Bawaslu dalam Pengawasan Pemilu/Pilkada di Alun-Alun Kabupaten Pacitan.19/10/2019

Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Pacitan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tugas dan keberadaan lembaga Bawaslu serta mengajak masyarakat luas agar turut serta dalam Pengawasan Partisipatif. Kegiatan tersebut menjadi lebih berwarna ketika dikemas dengan penampilan seni budaya lokal Pacitan yaitu kolaborasi antara Wayang Combo dengan dalang Ki Fajar Arianto dengan tema Bedo Rongko tetap Bolo, Seni Tari Kethek Ogleng Condro Wanoro serta Seni Rontek Laskar Magribi Desa Mentoro.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan, Berty Stefanus HRW dalam sambutannya mengatakan bahwa Keberadaan Bawaslu Kabupaten/Kota setelah diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 2017 telah menjadi lembaga permanen. “Yang sebelumnya masih bersifat Ad-Hoc atau sementara dengan sebutan Panwaslu atau Banwaslu sekarang disebut dengan Badan Pengawas Pemilu atau “Bawaslu”. Tegas orang pertama di bidang pengawasan pemilu Kabupaten Pacitan ini.

Selanjutnya Wakil Bupati Pacitan dalam membacakan sambutan Bupati berharap dengan kegiatan ini dapat membantu Bawaslu Kabupaten Pacitan dalam penyampaian tugas kepada masyarakat, dan masyarakat paham akan hak-haknya dalam kontestasi politik. Pengawasan bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu sangatlah vital dalam menindak pelanggaran pemilu serta pemberian putusan dalam permasalahan pemilu. “Kualitas pemilu adalah tanggung jawab kita semuanya, tidak hanya tanggung jawab KPU, bawaslu dan DKPP. Diharapkan dengan sosialisasi ini, pemilu dan pilkada di Kabupaten Pacitan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai perundang undangan yang berlaku”, Ujar Yudi Sumbogo selaku orang nomor dua di Kota 1001 Goa ini.

Perlu diketahui bahwa acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur Moh. Amin, Wakil Bupati Pacitan, Forkopimda, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Pacitan. Diharapkan melalui sosialisasi tugas dan keberadaan Bawaslu Kabupaten Pacitan melalui Seni Budaya Lokal ini selain mengangkat potensi budaya lokal di Pacitan juga diharapkan dapat meningkatkan peran dan partisipasipasi masyarakat dalam proses Pemilu/Pilkada. Perlu diingat bahwa di tahun 2020 Kabupaten Pacitan akan melaksanakan Pilkada sehingga peran dan partisipasi masyarakat yang tinggi menjadi sangat penting.(Tim Humas Bawaslu Pacitan).