Lompat ke isi utama

Berita

Partisipasi Aktif Menangkal Penyebaran Covid-19, Panwaslu Kecamatan Nawangan Buat Handsanitizer

Partisipasi Aktif Menangkal Penyebaran Covid-19, Panwaslu Kecamatan Nawangan Buat Handsanitizer

Tahapan Pilkada serentak Pacitan terus berjalan ditengah isu mewabahnya Covid-19 atau Corona virus. Begitu juga di Kecamatan Nawangan, sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif Panwaslu Kecamatan Nawangan menangkal penyebaran virus dengan membuat dan menyediakan carian disinfektan berupa handsanitizer (21/03/2020).

Penyediaan handsanitizer dilakukan sebagai upaya pencegahan kemungkinan persebaran virus Corona (Covid-19) di lingkup sekretariat Panwaslu Kecamatan Nawangan. Upaya ini dilakukan karena mengingat bahan-bahan antiseptic di pasaran sudah mulai langka, mulai dari alcohol 70%, handsanitizer instan, maupun bahan-bahan etanol lainnya.

“Awalnya kami mencari antiseptic di toko-toko untuk keperluan pribadi, tapi karena langka dan harganya (menjadi) mahal maka kami berinisiatif untuk memanfaatkan tanaman sirih yang sangat melimpah merambat di sekitaran kantor, dan ketika kami browsing, alhamdulilah dapat referinsinya” ucap Udin, komisioner Panwaslu Kecamatan Nawangan.

Menurut pria yang sekaligus menjabat koordinator divisi hukum dan penindakan pelanggaran di Panwaslu Kecamatan Nawangan ini, meskipun dirinya yakin akan keampuhan bahan rempah ini, namun dirinya mengingatkan agar melakukan proteksi dengan cara lain misalnya menggunakan masker, membatasi interaksi, social distance, dan lain-lain. Selain membuat handsanitizer, panwas juga menyemprotkan cairan desinfektan di area yang dimungkinkan tersentuh tangan maupun peralatan yang digunakan secara bergantian. “Terutama gagang pintu, meja, kursi, peralatan dan perabotan ” tambahnya.

Ditengah isu Covid-19 ini Panwaslu Nawangan tetap mengikuti aturan dan juga menjalankan kebijakan yang telah ditentukan oleh Bawaslu. Meskipun  pelayanan masyarakat dibatasi, namun kantor sekretariat Panwaslu Kecamatan Nawangan tetap buka penuh waktu sebagaimana biasanya.