Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pacitan Gelar Bimtek pada Panwascam Untuk Bekali PTPS di Seluruh Kabupaten Pacitan

Bawaslu Pacitan Gelar Bimtek pada Panwascam Untuk Bekali PTPS di Seluruh Kabupaten Pacitan

Bawaslu Pacitan mulai menggodok seluruh panwascam dalam kesiapannya melakukan pengawasan saat masa tenang, hingga H-1, dan saat hari H pencoblosan.

"Selama dua hari ini kita melakukan bimbingan teknis kepada seluruh panwascam agar mereka paham mekanisme pengawasan saat masa tenang hingga H-1 dan saat hari H pemungutan suara," ujar Sulami, koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Pacitan, Sabtu (23/3).

Pada Bimtek tersebut ditekankan soal pemahaman seluruh anggota panwascam dalam membuat pelaporan dari hasil pengawasannya yang dilakukan di lapangan.

"Intinya bimbingan teknis kepada panwascam se-Kabupaten Pacitan terkait pembekalan PTPS. Bagaimana pengawasan di masa tenang, H-1, hari H, dan H+1 nantinya, juga pembekalan bagaimana teknis pelaporan hasil pengawasannya," jelasnya.

Lanjut Sulami, pihaknya juga menekankan pada jajaran pengawas di bawah sampai PTPS, untuk detail dan rinci memotret setiap kejadian di lapangan.

"Baik di hari tenang, H-1, hari H, dan H+1, sehingga harapannya tidak ada kejadian atau peristiwa yang luput dari pengawasan kami. Dan itu semua akan dirangkum dalam form A pengawasan kami yang akan dilaporkan secara berjenjang sampai ke Bawaslu RI," beber dia.

Bawaslu juga meyinggung persiapan kampanye rapat umum, terutama untuk pengawasannya harus ekstra dan lebih ditingkatkan lagi. "Untuk pengawas TPS/PTPS personilnya sudah siap dan akan dilantik nanti pada tanggal 25 maret 2019. Sekaligus dibimtek oleh panwascam masing-masing," tegas dia.

Sementara itu, pelaksanaan bimtek kali ini diikuti sebanyak 36 peserta yang meliputi komisioner kecamatan dan 1 koordinator seketariat kecamatan.