Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pacitan ikuti Halal Bi Halal dan Persiapan Pengawasan Lanjutan Pilkada Serentak 2020

Bawaslu Pacitan ikuti Halal Bi Halal dan Persiapan Pengawasan Lanjutan Pilkada Serentak 2020

Sebagai langkah koordinasi awal bahwa pengawas Pemilu harus mulai mempersiapkan diri dalam pengawasan tahapan Pilkada Lanjutan 2020 di tengah pendemi covid-19. Bawaslu Pacitan ikuti Halal Bi Halal dan Persiapan Pengawasan Lanjutan Pilkada Serentak Jawa Timur 2020 yang diadakan oleh Bawaslu Provinsi Jatim. Senin, 1/6/2020.

Ketua Bawaslu RI dalam sambutannya mengatakan bahwa, Pemilihan Lanjutan sudah ditetapkan secara hukum melalui perpu 2 tahun 2020 dan secara politik sudah diputuskan oleh Komisi II. Pemilihan lanjutan akan dimulai kembali pada 15 Juni 2020 dan pemugutan akan dilaksanakan 9 Desember 2020.

Yang terpenting bagaimana kita bisa melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya ditengah pendemi covid-19. ”Saya kira kuncinya adalah tetap pegang soliditas dan kebersamaan, tidak ada yang berat manakala kita selesaikan secara bersama-sama” Tegas Abhan.

Di lain kesempatan Ketua Bawaslu Jatim mengatakan bahwa, persiapan tersebut wajib dilakukan dalam keadaan normal atau tidak normal. “Ibaratnya menyiapkan diri ketika dalam keadaan hujan, bukan dalam rangka menolak hujan tersebut, akan tetapi untuk melindungi diri dari basah kuyup” Ungkapnya.

Lebih lanjut Amin mengatakan, jika pengawasan dalam situasi Covid ini kita anggap sebagai hujan. Maka akan ada peraturan dan payung hukum yang akan kita ikuti dalam melakukan pengawasan.

Harapannya jika tahapan lanjutan pilkada serentak 2020 ini benar-benar dilaksanakan mengingat adanya covid-19, dengan segala keterbatasan sebagai penyelenggara agar selalu berusaha melaksanakan dengan sebaik-baiknya dan berpedoman pada protokol kesehatan.

Sebagai informasi acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu RI, Ketua dan Anggota Bawaslu Prov. Jatim, Bawaslu Kab/Kota se-jatim serta diisi dengan tausiyah oleh Dr.KH. Achmad Muhibbin Zuhri.