Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu, Panwascam, Dan PPKD Se-Kabupaten Pacitan Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Seteleh Deklarasi

Bawaslu, Panwascam, Dan PPKD Se-Kabupaten Pacitan Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Seteleh Deklarasi

Pemandangan agak berbeda terlihat di Alun - Alun Pacitan (23/09/2018), Bawaslu, Panwascam, dan PPKD seluruh Kabupaten Pacitan yang biasanya mengawasi kegiatan kampanye Pemilu kali ini ramai berkumpul bukan untuk menindak adanya pelanggaran pemilu tetapi sedang melakukan aksi bersih - bersih sampah. Dengan berseragam kaos Siapkan Diri Untuk Menang Bermartabat dan Kalah Terhormat mereka terlihat memungut sampah - sampah yang berserakan di Alun - Alun Pacitan.

Kegiatan bersih - bersih sampah ini merupakan rangkaian kegiatan setelah sebelumnya digelar Senam Awas dan Deklarasi Pemilu Damai dengan Tajuk Siap Menang Bermartabat dan Kalah bersama seluruh peserta pemilu tahun 2019. "Jangan sampai disemua kegiatan Bawaslu meninggalkan sampah" Tukas Agus Hariyanto selaku ketua panitia melalui pengeras suara.

Lebih lanjut Agus menjelaskan kepada awak media jika kedepan akan banyak sekali kegiatan kampanye pemilu yang melibatkan banyak orang. Hal ini tentu akan menyertakan dampak turunan yaitu sampah. Agus berharap jika semua kegiatan pemilu yang melibatkan banyak orang ini juga tidak melupakan sampahnya. "Meskipun Bawaslu bukan mengurusi sampah, akan tetapi kebersihan adalah tanggung jawab kita semua. Besar harapanya jika setelah adanya kegiatan kampanye juga tidak meningggalkan sampah" Ucapnya penuh harap.

Sebagai informasi,  Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Kabupaten Pacitan menggelar acara Deklarasi Kampanye damai bertema ” Kalah Terhormat Menang Bermartabat ” di Tribun Alun-alun kota Pacitan, Minggu ( 23/9/2018 ). Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Berty Stefanus, mengatakan "deklarasi yang digelar hari ini dilakukan serentak di seluruh Jawa Timur, dan itu berdasarkan surat dari Bawaslu Propinsi Jawa Timur nomor : 0282/K.JI/PM.00.01/IX/2018 dengan tanggal 17/9/2018. dalam intruksi tersebut guna pencegahan pelanggaran kampanye dan sebagai bentuk sosialisasi pengawasan partispatif pemilihan umum DPR RI,DPD,DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 mendatang,” kata Berty.

Kegiatan deklarasi damai yang di ikuti sekitar 500 orang dari partai politik peserta pemilu 2019,calon anggota legislatif dan Panwascam se Kabupaten Pacitan tersebut berjalan dengan lancar di akhiri dengan pembagian souvenir.

Untuk melihat proses deklarasi silahkan melihat video dibawah ini.