Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pilkada 2020 Bawaslu - KPU Mantapkan Koordinasi.

Jelang Pilkada 2020 Bawaslu - KPU Mantapkan Koordinasi.

Pacitan sebagai salah satu daerah yang menggelar Pilkada serentak di tahun 2020 dirasa perlu oleh Bawaslu dan KPU untuk menyatukan persepsi dan mempererat kordinasi. ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stefanus SH. Menurutnya, KPU dan Bawaslu sering ada sentuhan. Karena itu perlu koordinasi yang baik demi suksesnya pemilu maupun pilkada sesuai peraturan perundang undangan.

“Sama-sama penyelenggara pemilu. Tetapi tupoksi berbeda. KPU pelaksana tehnis, sedang Bawaslu pengawasan. Tugas kami mengawasi dan merekomendasi. Rekomendasi itu sifatnya wajib. Nah, karena wajib harus ditindaklanjuti,” katanya.

Sementara itu ketua KPU Kabupaten Pacitan terpilih periode 2019 - 2024 menegaskan jika saat ini jajaran KPU langsung berkerja setelah proses seleksi KPU yang baru. Selain memperkenalkan diri kepada stakeholder terkait, pihaknya juga sekaligus berkordinasi mempersiapkan pelaksanaan Pilkada pacitan 2020. 

“Disela-sela pembahasan anggaran, kami juga berbagi waktu untuk silaturahmi. Dan berkunjung ke Bawaslu merupakan hal penting, ” kata Ketua KPU Pacitan, Sulis Styorini seraya menambahkah kedua lembaga itu adalah penyelenggara pemilu maupun pilkada.