Lompat ke isi utama

Berita

Kordiv Humas Hubal Bawaslu Jateng Isi Pelatihan Menulis yang diikuti oleh Bawaslu Kab/Kota Se-Jatim

Kordiv Humas Hubal Bawaslu Jateng Isi Pelatihan Menulis yang diikuti oleh Bawaslu Kab/Kota Se-Jatim

Menulis di Bawaslu menjadi sebuah kewajiban sebagai badan publik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis berita atau siaran pers.”Pertama, Faktual atau berdasarkan fakta. Kedua, Aktual, sesuatu yang masih baru. Dan Ketiga, Akurat atau sesuatu yang pasti dan jelas. Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Rofiudin, Kordiv Humas Hubal Bawaslu Provinsi Jateng selaku narasumber dalam acara Ngabuburit Online Bersama Humas Provinsi Jawa Timur. Rabu, 06/05/2020, Sore.

Dalam menulis berita dan siaran pers ada tiga bagian penting yaitu judul, lead/ angle dan isi berita. Judul harus ringkas, padat, to the point. Judul harus sesuai dengan isi menarik dan penting. Untuk melahirkan judul yang menarik kita harus mempunyai sudut pandang atau angle. Dan pentingnya penentuan angle dalam menulis. Karena judul itu lahir dari angle. Angle adalah sudut pandang apa yang menarik dari penulis.

Hal senada juga dikatakan oleh Kordiv Humas dan Hubal Bawaslu Jatim, bahwa dalam teknik menentukan angle tulisan, 60 persen keberhasilan tulisan ditentukan dari tajamnya rumusan angle. “Ada tahap yang harus dilalui sebelum menulis outline, tahap itu adalah merumuskan sudut pandang atau fokus yang akan kita ungkap. Memilih angle adalah sebuah langkah realistis. Satu sudut pandang harus dipilih jika kita akan menghasilkan tulisan yang fokus” Ungkap Nur Elya Anggraini.

Satu tulisan satu sudut pandang, setia dari awal sampai akhir.