Lompat ke isi utama

Berita

SiPedih aplikasi terobosan terbaru dari Bawaslu Pacitan di Pilkada 2020

SiPedih aplikasi terobosan terbaru dari Bawaslu Pacitan di Pilkada 2020

Data dan dokumentasi merupakan sebuah persoalan mendasar yang ada di setiap tahapan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu. Apalagi pelaksanaan Pilkada Pacitan  2020 yang dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. Dukungan data dan dokumentasi menjadi prioritas utama. SiPedih merupakan aplikasi terobosan terbaru dari Bawaslu Pacitan yang disiapkan untuk Pilkada Pacitan 2020.

Koordinator Divisi Humas, Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Pacitan mengatakan, ketersediaan data tidak cukup hanya dengan data hard copy saja. "Karena itulah, kami mempersiapkan aplikasi pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum (SiPedih). Sehingga data yang akan muncul dari setiap tahapan Pilbub, bisa terdokumentasi dengan baik dan mudah diakses semua kecamatan,” Tutur Agus Hariyanto.

Lebih lanjut,  bukan hanya sekarang. Data itu harus bersifat aman, aksesibel, memiliki tingkat keterbacaan dan ketersediaan dengan baik. "Karena itulah, dengan aplikasi SiPedih ini, kita minta data apapun, cukup dari kantor sudah bisa di akses seluruh kecamatan,” tegasnya.

Agus selaku Kordiv HHDI optimis dengan aplikasi SiPedih ini bisa mempermudah proses pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Pacitan. Dan disisi lain semua dokumen dan informasi hukum dapat terorganisir dengan baik. 

Agus juga menambahkan bahwa setiap kecamatan sudah ada data base. Sehingga cukup mengakses dari kabupaten, semua data bisa masuk. Ini merupakan sebuah inovasi di Divisi HHDI Bawaslu Pacitan.