Lompat ke isi utama

Berita

24 peserta antusias ikuti pembukaan SKPP Daring Bersama Bawaslu Kab. Pacitan dan Bawaslu Prov. Jatim

24 peserta antusias ikuti pembukaan SKPP Daring Bersama Bawaslu Kab. Pacitan dan Bawaslu Prov. Jatim

Sebagai upaya Bawaslu untuk mengajak dan melibatkan masyarakat, anak muda dan semua pihak untuk terlibat dalam program pengawasan partisipatif. Bawaslu Pacitan mengikuti pembukaan Sekolah kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) daring yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi. Sabtu, 2/5/2020.

Kegiatan ini adalah salah satu inisiasi dan inisiatif Bawaslu untuk mendekatkan antara Bawaslu dengan Sahabat Bawaslu yang berminat untuk menjadi kader partisipatif. Sebagaimana kita tahu Bawaslu mempunyai kewenangan pencegahan, pengawasan dan penindakan.

Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) dari ini dibuka langsung oleh pimpinan Bawaslu RI Mochammad Afifudin yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam bentuk daring dikarenakan adanya wabah covid-19. “Langkah ini ditempuh Bawaslu untuk menginisiasi SKPP yang tadinya konvensional menjadi daring atau online” Tegas Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi ini.

Afifudin berharap semakin banyak pihak yang terlibat semakin cepat informasi bisa kita sampaikan. “Kita berharap SKPP daring ini menjadi media pembelajaran Sahabat Bawaslu yang sudah mendaftar dan bergabung, untuk saling berdiskusi mengenai apa itu kewenangan Bawaslu dan apa yang bisa kita lakukan” ungkapnya.

Tak Lupa Afif juga mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya atas partisipasi dari Sahabat Bawaslu dalam mengikuti SKPP daring yang telah dimulai pada hari ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jatim, selamat bergabung kepada Sahabat Bawaslu yang telah diresmikannya sebagai siswa. Yang telah diberi hak untuk mengikuti tahapan demi tahapan proses SKPP di Provinsi Jawa Timur. “Sekali lagi kami ucapkan selamat telah terpilih dan telah memiliki kesempatan untuk mengikuti SKPP dari ini”, kata pria asal Madura tersebut. 

Sebagai informasi di Jawa Timur total ada 2.464 peserta yang lolos untuk mengikuti SKPP daring. Yang berasal dari Kabupaten Pacitan sejumlah 24 Peserta.

Harapannya kegiatan SKPP daring ini akan melahirkan aktor-aktor pengawas partisipatif yang nantinya akan menjadi partner Bawaslu. Serta peserta SKPP daring akan mendapatkan ilmu tentang kepemiluan, dan kepengawasan pemilu.