Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Ajak Lembaga Pemantau Ikut Berkolaborasi Awasi Tahapan Pilkada

samsul

Syamsul Arifin di ruang kerjanya ; red

Bawaslu Ajak Lembaga Pemantau Ikut Berkolaborasi Awasi Tahapan Pilkada

Ketua Bawaslu Pacitan, Syamsul Arifin menilai kehadiran pemantau pemilu sangat penting. Bawaslu selalu melibatkan pemantau dalam mengawasi setiap tahapan pemilu dan pemilihan, terutama saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Terima kasih pada pemantau. Kerjasama pengawasan yang sudah terjalin selama ini, bertujuan untuk membuat seluruh proses pemantauan berjalan profesional dan berintegritas,” ungkapnya di kantor Bawaslu Pacitan, Rabu, (22/5/2024).

Berbeda dengan pemilu serentak 2024, untuk pilkada 2024 pendaftaran dan akreditasi lembaga pemantau pemilu dilaksanakan oleh KPU. Seluruh pemantau tersebut sudah memiliki pengalaman dalam melakukan kerja-kerja pengawasan. "Jaringan pemantau pemilu sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang mumpuni, jadi kinerja pengawasannya sudah profesional," jelas Syamsul.

“Di pilkada besok kita akan melakukan pemantauan secara  terus menerus untuk seluruh tahapan. Kami dari Bawaslu juga membuka pintu seluas - luasnya kepada lembaga pemantau untuk turut serta berkolaborasi mengawasi seluruh proses tahapan,” tuturnya.

Syamsul menegaskan pemantau pemilu merupakan jaringan strategis untuk menciptakan pemilu yang lebih damai, aman dan terlegitimasi. Nantinya, lembaga pemantau pemilu akan ikut menyebar untuk mengamati pemilu apakah sesuai dengan jalur atau tidak.

“Setelah itu Bawaslu Bersama pemantau akan menyampaikan hasil pemantau kepada masyarakat. Ini merupakan tanggung jawab yang harus diberikan Bawaslu. Mari tunjukkan profesionalitas, integritas dan hasil kerja pengawasan untuk Pilkada ini,” pungkasnya.