Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gelar Launching Sentra Gakkumdu dan ingatkan ASN, TNI, POLRI untuk Netral.

Bawaslu|  Bawaslu Kabupaten Pacitan  gelar Launching Sentra Gakkumdu sekaligus sosialisasi netralitas ASN, TNI, POLRI  yang ada di Pacitan, agar ASN dapat menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala Daerah serentak 2024. pada hari Senin 14 November 2022.

Ditandai dengan pukulan Gong oleh ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan maka Sentra Gakkumdu di Kabupaten Pacitan yang  terdiri dari unsur  Bawaslu, Kepolisian,  dan Kejaksaan telah resmi disahkan dan sudah bisa mulai bekerja mengawal proses demokrasi diwilayah Pacitan.

Berty menyampaikan bahwa ” Sikap Netral  harus dan wajib dilaksanakan oleh ASN, selain Netral ASN juga harus  benar- benar terlihat Netral baik dalam ucapan maupun tindakan dan perilakunya, Sebelum, selama dan sesudah prose tahapan pemilu dan pemilihan serentak 2024. Ketidak netralan ASN bisa dilakukan di dalam bilik TPS,selain dibilijk suara tidak diperbolehkan.” Terangnya.

Adapun potensi ASN berpolitiik praktiis sampe kapanpun tetep ada, terlebih jika ada kerabat dekat yang ikut menjadi calon Legislatif  atau nyaleg. maka dipandang perlu oleh Bawaslu Kabupaten Pacitan untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan  dan mengajak ASN, TNI, POLRI agar selalu Netral dan terlihat netral melalui giat sosialisasi ini. “Tegasnya. 

Sebelumnya di Pacitan pernah kami menemukan kasus ASN berpolitik praktis  pada pemilu 2019, sehingga bawaslu memproses nya dan merekomendasikan pada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), untuk diberikan sanksi yang sesuai, dan Bawaslu juga mengawal proses pemberian sanksi tersebut berat atau ringan dampakya.

Harapan dari sosialisasi netralitas ASN ini adalah para ASN bisa mengerti memahami aturan- aturan terkait ASN, dan mau menerapkan bersikap Netral dan terlihat netral baik sebelum, selama, dan sesudah  proses penyeleggaraan pemilu dan pemilihan serentak 2024.