Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pacitan Gandeng Siswa SMK Ma arif Sudimoro Hadapi Pemilu Serentak 2024

Bawaslu Pacitan Gandeng Siswa SMK Ma arif Sudimoro Hadapi Pemilu Serentak 2024

Menyongsong perhelatan pemilu serentak tahun 2024 Bawaslu nenggandeng beberapa mitra setrategis dalam pengawasan proses tahapan pemilu dan pemilihan. Salah satunya pemilih pemula di SMK Ma'arif Sudimoro sekaligus penanda tanganan nota kesepakatan bersama dalam giat partisipatif. Kamis, 25/11/2021

Sulami atau yang lebih akrab disapa Ami selaku Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Pacitan, mengapresiasi respon baik dari pihak SMK ma'arif Sudimoro.  “Kami diberikan kesempatan bertemu dengan siswa calon pemilih pemula untuk berdiskusi bersama tentang demokrasi, lembaga penyelenggara pemilu, proses pengawasan pemilu, dan penanganan pelanggaran serta penyelesaian sengketa Pemilu”, Ungkapnya.

Lebih lanjut, Ami berharap melalui giat ini siswa calon pemilih pemula mengerti mengenai tupoksi Bawaslu dan proses pengawasan pemilu dan pemilihan. Sehingga bisa berperan dalam pencegahan pelanggaran, pengawasan proses tahapan pemilu dan pemilihan serta ikut melaporkan jika terjadi pelangggaran.

Selain itu, tujuan partisipatif masyarakat akan tercapai sehingga dapat meminimalisir terjadinya konflik. Meningkatkan kualitas demokrasi di Pacitan. Terwujudnya pemilu dan pemilihan yang berintegritas. Meningkatnya partisipasi publik. Serta terbentuknya karakter dan kesadaran politik masyarakat.