Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pacitan hadiri Rakor Persiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Pulau Jawa

jogja

Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan menghadiri secara langsung giat rapat koordinasi terkait persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Kegiatan Rakor tersebut dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, SIP di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto mengatakan tahapan Pilkada 2024 telah dimulai. "Seluruh tahapan akan terus bergulir hingga pelaksanaan pemungutan suara dan ditutup dengan penghitungan suara," ujarnya

Selain itu beliau menambahkan bahwa stabilitas politik, hukum dan keamanan adalah yang utama . “Untuk dapat mewujudkan pilkada yang aman dan damai, tentunya yang harus benar-benar dijaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan ini sangat penting dan utama,” kata Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan itu, Menko Hadi juga menginstruksikan jajaran aparat penegak hukum (TNI/Polri) juga untuk memberikan dukungan keamanan serta menjaga netralitas.

Hadi menekankan setiap lembaga pemerintah dan penyelenggara pemilihan harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. “KPU beserta pengawas, yaitu Bawaslu, kemudian DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) dan lembaga non-Bawaslu harus on the track,” pungkasnya.

Syamsul Arifin disela kegiatan tersebut menyampaikan harapannya dalam pelaksanaan Pilkada 2024 di Indonesia, menyatakan bahwa Bawaslu Pacitan siap melaksanakan pengawasan secara ketat guna menjamin pelaksanaan Pilkada yang jujur, adil, dan bebas dari pelanggaran.

Sebagai informasi, Kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada 2024 Wilayah Jawa tersebut dihadiri oleh Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) Kapolres dan Dandim se-Pulau Jawa. Sedangkan narasumber yang hadir  mulai dari Kemendagri, Kapolri, Panglima TNI Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, dan kepala BSSN

Humas