Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU PACITAN HADIRI RAPAT KOORDINASI DAN REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN (DPB) TRIWULAN I TAHUN 2022

BAWASLU PACITAN HADIRI RAPAT KOORDINASI DAN REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN (DPB) TRIWULAN I TAHUN 2022

Bertempat di Rumah Pintar Pemilu KPU Pacitan,Komisioner Bawaslu Kabupaten Pacitan Mohamad Mashuri dan Sulami menghadiri Undangan Rapat Koordinasi dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan I Bulan Maret Tahun 2022 yang di selenggarakan oleh KPU Kabupaten Pacitan. Rabu,30/03/22

Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2021, KPU Kabupaten Pacitan Melakukan Pemutakhiran dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan dilaksanakan setiap bulannya. Hal ini dilakukan untuk terus melakukan update daftar pemilih guna menciptakan daftar pemilih yang mutakhir.

“KPU Kabupaten Pacitan sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Rekapitulasi Daftar Pemilih dilaksanakan minimal 3 bulan sekali dengan melibatkan stakeholder terkait untuk mewujudkan data pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir. Mohon masukan - masukan dan saran dari seluruh undangan bagaimana KPU bisa melaksanakan tugas dengan baik khususnya pada pemutakhiran data pemilih” Ujar Sulis Styorini Ketua KPU Kabupaten Pacitan.

Mohamad Mashuri Kordiv Penangganan Pelanggaran menambahkan jika kegiatan pemutakhiran data pemilih  berkelanjutan ini adalah kerjasama semua pihak untuk mendapatkan data pemilih yang valid dan mutahir. Mashuri juga berharap kepada pemerintah daerah agar DP4 bisa sama dengan data rekapituasi yang kita bahas di KPU sehingga akan memudahkan dalam pelaksanaan Pemilu Kedepan. Jika terdapat perbedaan dapat memunculkan pelanggaran pemilu, ujarnya.

Sementara itu Kordiv Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Sulami juga menegaskan bahwa pada tahun 2022 ini Bawaslu sudah mengirimkan saran perbaikan setiap bulannya. Saran perbaikan tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh KPU. Koordinasi terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini adalah kolaborasi dan kerjasama semua pihak agar mendapatkan hasil yang benar – benar mutakhir dan data pemilih yang terjaga validitasnya, pungkasnya.

Hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022 pada Periode Triwulan I berdasarkan Berita Acara KPU Nomor : 27/PK.01/3501/2022 diperoleh sejumlah 466.075 Pemilih dengan terbagi atas pemilih laki-laki sejumlah 231.315 pemilih dan pemilih perempuan sejumlah 234.760 pemilih. Yang tersebar di 12 Kecamatan dan 171 Desa dan Kelurahan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kodim 0801 Pacitan, Polres Pacitan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Pacitan, Rutan Kelas II B Pacitan, Kemenag Kabupaten Pacitan, Dispendukcapil Kabupaten Pacitan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pacitan, Diskominfo Kabupaten Pacitan dan Bakesbangpol Kabupaten Pacitan.