Lompat ke isi utama

Berita

Menghadiri Pelantikan Pantarlih, Panwaslu Kecamatan Tulakan Tekankan Petugas Lakukan Coklit Sesuai Data Riil Dilapangan

tulakan

TULAKAN- Dalam rangka mendukung kelancaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tulakan menegaskan pentingnya pelaksanaan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sesuai dengan data riil di lapangan.

Hal ini disampaikan saat menghadiri acara pelantikan Pantarlih di Desa Bubakan dan beberapa tempat lainnya Kecamatan Tulakan.

Rojihan, Anggota Panwaslu Kecamatan Tulakan, yang turut hadir dalam acara tersebut, menekankan bahwa keakuratan data pemilih yang dihasilkan oleh Pantarlih saat melakukan coklit di rumah-rumah masyarakat memiliki dampak yang signifikan terhadap proses Pilkada serentak yang akan datang.

"Kami mengingatkan seluruh Pantarlih untuk melakukan coklit dengan sungguh-sungguh dan memastikan bahwa data yang mereka kumpulkan merupakan data yang akurat sesuai dengan kondisi riil di lapangan," ujar Rojihan. Minggu, 24 Juni 2024 .

Selain memberikan arahan kepada Pantarlih, Panwaslu Kecamatan Tulakan juga melakukan pengawasan ketat terhadap proses pelantikan Pantarlih serta memastikan bahwa seluruh perlengkapan yang diperlukan oleh Pantarlih telah disiapkan dengan baik sebelum mereka mulai melaksanakan tugasnya di lapangan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap Pantarlih dapat bekerja efektif dan efisien dalam mengumpulkan data pemilih.

"Pemutakhiran data pemilih merupakan tahap yang krusial dalam persiapan Pilkada. Kami berharap bahwa seluruh Pantarlih dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan memastikan bahwa tidak ada kesalahan atau ketidaktepatan dalam pengumpulan data," tambah Rojihan.

Selain itu, Rojihan juga menghimbau kepada Panwaslu Desa untuk melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan Pemutakhiran Data Pemilih yang dilakukan oleh Pantarlih di tingkat desa. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir potensi kecurangan atau pelanggaran yang dapat terjadi selama proses tersebut.

Acara pelantikan Pantarlih di Desa Bubakan, Kecamatan Tulakan, dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kepala Desa, anggota Panwaslu Desa, PPS, PPK dan Pantarlih.

Dengan adanya perhatian yang serius dari Panwaslu Kecamatan Tulakan terhadap pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih, diharapkan bahwa tahapan ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan berhasil menghasilkan data pemilih yang akurat. Proses ini menjadi pondasi yang kuat dalam menjamin keberlangsungan demokrasi lokal yang sehat dan berintegritas di Kabupaten Pacitan.

Humas