Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Ngadirojo Lakukan Pengawasan Coklit Sampai ke Puskesmas-Puskesmas

Panwaslu Ngadirojo Lakukan Pengawasan Coklit Sampai ke Puskesmas-Puskesmas

Bertujuan untuk memastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sudah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap pasien rawat inap dipuskesmas, Panwaslu Kecamatan Ngadirojo mendatangi puskesmas Se Kecamatan Ngadirojo. Jum’at, 4/8/2020.

Ada dua puskesmas utama dan dua puskesmas pembantu yang dikunjungi Panwaslu Kecamatan Ngadirojo. Puskesmas utama adalah puskesmas Ngadirojo dan Wonokarto, sedangan puskesmas pembantu berada di Wiyoro dan Sidomulyo. Ketua Panwaslu Kecamatan Ngadirojo, Andhang Setyatmoko dalam keterangannya menyampaikan jika Panwaslu Kecamatan Ngadirojo berkomitmen akan mengawasi pelaksanakan coklit. “Pelaksanaan coklit ini kan sampai tanggal 13 Agustus 2020, jadi sudah selaknya kami mengawasi sampai tanggal itu.” Terangnya

Sedangkan Nina Nurendahsari selaku Koordinator Divisi (kordiv) Pengawasan, menyampaikan bahwa selain mengawasi proses kegiatan coklit oleh PPDP, Panwaslu Kecamatan Ngadirojo akan memastikan bahwa pemilih yang memenuhi syarat (MS) masuk kedalam daftar pemilih. “Hari ini kami melakukan pengawasan sampai ke puskesmas-puskesmas, tujuannya 1, jangan sampai pemilih MS tapi malah dicoret atau tidak masuk dalam daftar pemilih.” Ujarnya.

Senada dengan Nina Nurendahsari, Kordiv SDM Muhammad Nur menegaskan jika proses pelaksanaan pengawasan yang dilakukan Panwaslu Kecamatan Ngadirojo ke puskesmas-puskesmas sebagai bentuk monitoring terhadap proses coklit. “Monitoring ini sebagai wujud kami selaku Panwaslu Kecamatan Ngadirojo untuk memastikan pasien inap dipuskesmas sudah dicoklit.” Tegasnya.

Pengawasan ini dilakukan oleh seluruh komisioner Panwaslu Kecamatan Ngadirojo. Sebelum melakukan kegiatan pengawasan Panwaslu Kecamatan Ngadirojo lebih dulu melakukan koordinasi dengan pihak puskesmas. Koordinasi ini sebagai bentuk permohonan izin yang dilakukan Panwaslu Kecamatan Ngadirojo kepada pihak puskesmas. Disisi lain, Panwaslu Kecamatan Ngadirojo membuka posko pengaduan dari masyarakat terhadap pemutakhiran data pemilih di Kantor Panwaslu Kecamatan Ngadirojo. Sehingga, jika ada kejanggalan dalam proses pelaksanaan coklit, masyarakat bisa melakukan pengaduan ke Panwaslu Kecamatan Ngadirojo.