Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Pringkuku melakukan pengawasan melekat pada tahapan Coklit

pringkuku

Panwaslu Kecamatan Pringkuku akan melakukan pengawasan secara melekat pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih yang akan dilakukan oleh Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih). 

"Kami bersama Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) mulai melakukan pengawasan dari rekrutmen Pantarlih, Pelantikan Hingga Pelaksaan Coklit yang dimulai hari ini secara langsung dan melekat ," kata Hemin Prasetyabudi, Ketua Panwaslu Pringkuku, Senin (24/06/2024).

Mengingat jumlah PKD hanya sebanyak satu orang di setiap desa, maka prinsip gotong – royong harus diterapkan, demi maksimalnya pengawasan jajaran panwaslu Kecamatan Pringkuku akan turut serta selama pengawasan Coklit.

Dikesempatan yang sama  Hermin, juga mengajak masyarakat untuk proaktif selama pelaksanaan Coklit sehingga melahirkan daftar pemilih yang akurat dan valid.

Sementara itu Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Helmy Yusuf Evendi, mengatakan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan pantarlih harus sesuai dengan regulasi yang ada yaitu PKPU nomor 7 tahun 2024 tentang penyusunan daftar pemilih untuk pemilihan serentak tahun 2024, pantarlih di imbau untuk melaksanakan coklit secara baik mulai dari tata cara, prosedur maupun mekanisme, ia juga menekankan bahwa pantaralih harus meminimalis pelanggaran.


"Pantarlih harus menjalakan tugasnya sesuai ketentuan yang sudah ada, kami melakukan pengawasan secara melekat untuk memastikan proses berjalan masksimal sesuai regulasi dan tidak ada pelanggaran," ujarnya.

Selain itu di kesempatan yang sama Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Imron Prawito mengimbau kepada calon pemilih, Saat petugas Pantarlih melakukan Coklit, katanya masyarakat cukup menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) karena pendataan dilakukan sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.

"Nanti petugas juga meminta keterangan apakah ada keluarga yang meninggal, pindah, atau yang menjadi TNI/Polri, Keterbukaan dan proaktif masyarakat dalam pelaksanaan Coklit, katanya akan melahirkan daftar pemilih yang Akurat dan valid " katanya