Lompat ke isi utama

Berita

Peringati HUT Bawaslu ke 16, Ketua Bawaslu Pacitan Mengajak Seluruh Jajaran Tingkatkan Kinerja

11

Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-16, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) beserta seluruh jajarannya di tingkat Provinsi dan Kabupaten serentak melaksanakan upacara pencanangan HUT Bawaslu pada hari Senin (16/4).

"Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk menyambut HUT Bawaslu ke-16 ," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan, Syamsul Arifin.

Syamsul menjelaskan, Bawaslu RI secara terpusat menerbitkan instruksi yang mewajibkan seluruh Bawaslu di tingkat provinsi dan Kabupaten/kota untuk melaksanakan upacara pencanangan HUT Bawaslu.

Meskipun belum ada informasi detail mengenai rangkaian kegiatan peringatan HUT Bawaslu ke-16, berdasarkan informasi dari Bawaslu RI, dijadwalkan akan ada kegiatan akbar yang terpusat di Sekretariat Bawaslu RI di Jakarta.

"Diharapkan di usia ke-16 ini, Bawaslu sebagai lembaga yang berwenang mengawasi jalannya pesta demokrasi, khususnya Pemilu dan Pilkada, dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pengawasan," kata Rizal.

Bawaslu akan semakin fokus dalam menjalankan tugasnya, terutama menjelang Pilkada yang akan digelar pada bulan November 2024. Dengan pengawasan yang optimal, diharapkan pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar, jujur, dan adil.

Selanjutnya, Bawaslu Kabupaten Pacitan menggelar tasyakuran sederhana guna memperingati HUT Bawaslu. "Selain untuk HUT Bawaslu, hari ini masih dalam suasana Idul Fitri, tasyakuran ini guna merekatkan internal kami," tegas Syamsul.