Lompat ke isi utama

Berita

Purnomo Apresiasi Digitalisasi Data Secara Terstruktur, Masif, dan Sistematis (TSM) di Bawaslu Pacitan.

Purnomo Apresiasi Digitalisasi Data Secara Terstruktur, Masif, dan Sistematis (TSM) di Bawaslu Pacitan.

Data dan Dokumentasi adalah hal yang sangat penting dan fundamental dalam perjalanan pengawasan pilkada Pacitan Tahun 2020. Purnomo Satrio Pringgodigdo selaku Kordiv Hukum dan Data Informasi Bawaslu Provinsi Jatim dalam Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Data Kepengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan Tahun 2020, mengapresiasi Bawaslu Pacitan yang tidak hanya mendigitalisasikan data tetapi juga menjadikannya sebagai sistem Aplikasi yang TSM. Sabtu,27/06/2020 Siang di Hotel Permata Pacitan.

Purnomo menjelaskan bahwa TSM berarti, Terstruktur karena aktifitas ini tidak hanya dilakukan oleh Bawaslu Pacitan akan tetapi juga memberikan kesempatan kepada teman-teman di Panwaslu Kecamatan dan bahkan sampai di Panwaslu Kelurahan/Desa. Sistematis, yang berarti program yang akan didemonstrasikan ini merupakan barang yang bagus, karena tidak hanya memuat tentang hasil pengawasan akan tetapi mulai dari pencegahan dan penanganan pelanggaran. Masif, berarti diketahui oleh seluruh jajaran pengawas di Kabupaten Pacitan.

Lebih lanjut, Purnomo juga mengatakan bahwa, data dan informasi itu bersumber dari Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia serta Divisi Penanganan Pelanggaran. Ada beberapa tips dalam pengelolaan dokumen. "Tipsnya adalah pastikan dokumen bisa terdokumentasikan dengan baik, pastikan akuntabilitas dari dokumen, pastikan keamanan dokumen, serta dokumen itu sebagai bukti pencegahan; pengawasan; dan penanganan pelanggaran", Tegas Pria kelahiran Surabaya tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan, pengelolaan data dan informasi yang kita lakukan ini sangatlah bermanfaat. "Dulunya kita kesulitan apabila mencari arsip, kini tidak lagi. Karena apabila kita mencari surat, dasar hukum, hasil pengawasan tinggal klik langsung keluar", Ungkap Berty Stefanus HRW.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri oleh ketua dan anggota beserta staf yang membidangi data dan informasi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pacitan. Kemudian juga dilakukan simulasi dan pengenalan mengenai Aplikasi Sipedih Bawaslu Kabupaten Pacitan.