Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Koordinasi di Jember Bawaslu Jatim Bahas Hasil Pengelolaan Data Pemilu 2024

rr

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur menggelar rapat koordinasi Pengelolaan Data dan Informasi Publik Hasil Pengawasan Pemilu Serentak 2024. Acara yang diadakan di Kabupaten Jember, Senin-Selasa, 3-4 Juni 2024 ini dihadiri oleh Bawaslu kabupaten/kota terundang se Jawa timur, termasuk Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Syamsul Arifin, Anggota sekaligus Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Fajar Dino Prawika, serta staf teknis Divisi Data dan Informasi. (Selasa 04/06/2024).

Dalam rapat tersebut, Kordiv Data dan Informasi Bawaslu Jawa Timur, Dwi Endah Prasetyowati, menyampaikan pentingnya rumah data sebagai program besar yang akan dilaksanakan ke depan. “Rumah data dan informasi digital ini adalah proyek kita untuk masa depan. Hal ini bertujuan memberikan informasi kepada publik sebagai bentuk tanggung jawab kita. Mari kita maksimalkan rumah data yang telah kita bangun bersama, dan hal ini hanya bisa terwujud dengan kerjasama semua divisi," ujar Dwi Endah.

Ketua Bawaslu Jawa Timur, A. Warits, juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan data. “Publik memiliki hak mendapatkan informasi yang baik. Kita digaji oleh rakyat, jadi kita harus menyampaikan kegiatan kita kepada masyarakat. Data-data hasil pengawasan harus diolah terlebih dahulu dan kemudian disajikan kepada publik sebagai bentuk pertanggungjawaban kita," jelasnya. Warits juga menambahkan bahwa tata kelola yang baik harus ditunjukkan kepada publik, dan mengingatkan semua anggota untuk menjaga performa menjelang Pilkada.

Warits juga mengingatkan pentingnya dokumentasi dan koordinasi internal untuk memastikan seluruh data terkelola dengan baik. “Sering kita sampaikan dalam apel pagi, apel itu adalah sarana koordinasi kita kepada staf untuk mewadahi semua masalah yang ada. Jadi tata laksana dan tata kelola perlu kita tunjukkan kepada publik bagaimana kolektifitas kita,” tambah Warits. Ia menegaskan bahwa kesuksesan rumah data di Jawa Timur harus menjadi contoh yang baik, mengingat tidak semua provinsi memiliki fasilitas seperti ini.

Acara ini dibuka secara resmi oleh A. Warits, Ketua Bawaslu Jawa Timur, yang berharap agar setiap anggota Bawaslu di tingkat kabupaten/kota dapat berperan aktif dalam mengembangkan dan memaksimalkan penggunaan rumah data demi meningkatkan keterbukaan informasi kepada publik.

Dengan rapat koordinasi ini, diharapkan seluruh jajaran Bawaslu di Jawa Timur dapat bekerja sama dan berkolaborasi lebih baik dalam mengelola data dan informasi, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih transparan dan akuntabel kepada masyarakat.