Lompat ke isi utama

Berita

Setelah Diaktifkan Kembali, Panwaslu Kecamatan Ngadirojo Gelar Rakor Perdana dengan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD)

Setelah Diaktifkan Kembali, Panwaslu Kecamatan Ngadirojo Gelar Rakor Perdana dengan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD)

Masih diseputaran tata kerja kepengawasan di tengah wabah covid-19. Untuk menyamakan persepsi terhadap sistem pengawasan. Panwaslu Kecamatan Ngadirojo melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se Kecamatan Ngadirojo. Rapat ini dilaksanakan di Kantor Panwaslu Kecamatan Ngadirojo. Kamis, 25/6/2020.

Kegiatan ini sebagai lanjutan atas Rapat Pleno pada beberapa hari lalu. Dalam sambutannya Ketua Panwaslu Kecamatan Ngadirojo Andhang Setyatmoko menegasakan, jika tahapan pemilu sudah dimulai. “Kita tahu bersama, bahwa mulai 15 Juni lalu tahapan Pilkada dimulai kembali. Sudah selayaknya kita bangun dari tidur kita.” Tegasnya.

Ini pertemuan pertama kali antara Panwaslu Kecamatan dan PKD, semenjak adanya wabah covid-19. Kegiatan ini tentunya sangat penting mengingat pada kali ini tahapan pembentukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sudah dimulai. Pengawas dari seluruh jajaran melaksanakan pengawasan terhadap kegiatan tersebut. Seperti yang dilakukan Panwaslu Kecamatan dan PKD se Kecamatan Ngadirojo. Selain berkoordinasi terhadap tahapan-tahapan selanjutanya juga berkoordinasi mengenai pengawasan pembentukan PPDP. 

Koordinator Divisi SDM Muhammad Nur, saat memberikan arahan menyampaikan, jika pengawasan yang sekarang dilakukan adalah tahapan pembentukan PPDP. “Kita diinstruksikan untuk mengawasi pembentukan PPDP. Kita harus mengawasi secara melekat. Jangan lupa setiap mengawasi dituangkan dalam Form A.” Ungkapnya.

PKD rata-rata sudah melakukan koordinasi dengan PPS terkait sistem kerja ditengah covid-19 dan tahapan Pilkada 2020 termasuk pembentukan PPDP. Ini menjadi angin segar dalam pengawasan kedepan. Karena terlihat ada koordinasi yang baik antar sesama penyelenggara pemilu.

Rakor ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Jumlah desa dikecamatan Ngadirojo yang lumayan banyak membuat kegiatan ini harus dibagi menjadi dua sesi. Seluruh Panwaslu Kecamatan dan PKD menggunakan masker dan menjaga jarak saat rakor. Selain pengawasan pembentukan PPDP kegiatan ini membahas seluruh tahapan di pilkada 2020. PKD sangat antusias saat mengikuti rakor, terbukti dengan banyaknya tanggapan dan pertanyaan yang dilontarkan kepada Panwaslu Kecamatan.