Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan SDM Bawaslu Se-Jawa Timur, Ketua Bawaslu RI Beri Wejangan

Tingkatkan SDM Bawaslu Se-Jawa Timur, Ketua Bawaslu RI Beri Wejangan

Untuk meneguhkan kualitas Sumber Daya Manusia Pengawas Pemilu yang berintegritas, Bawaslu Jatim lakukan kajian secara virtual tentang penegakan hukum, kepercayaan publik dan partisipasi dari masyarakat, Kamis (14/05).

Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan saat memberikan wejangan untuk Bawaslu se-Jawa Timur menyebut tiga komponen demokrasi akan berkualitas bila penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu dan publik juga memiliki integritas yang baik.

“Tiga komponen ini menjadi kunci dari penyelenggaraan demokrasi. Integritas itu penting bagi penyelenggara Pemilu, peserta dan publik. Evaluasi dari Pemilu tahun 2019 lalu, kepercayaan publik cukup baik terhadap Bawaslu”, ungkap Abhan Via Virtual

Sementara menurutnya integritas bagi peserta yakni partai politik dan pasangan presiden dan wakil presiden mereka harus patuh dan taat pada aturan, dan tidak memanfaatkan bantuan sosial untuk kepentingan kampanye dan melanggar etika politik.

“Yang punya integritas terakhir yakni komponen masyarakat, partisipasi masyarakat dalam mentaati ketentuan Undang-undang, seperti masyarakat berani mengatakan tolak politik uang, tidak kemudian malah menunggu adanya politik uang saat Pemilu.” Jelasnya.

Diakhir sambutannya Abhan melalui Rakor Peningkatan Kapasitas SDM Bawaslu Jawa Timur ini mengapresiasi dan berharap agar acara ini dapat meningkatkan kualitas SDM dan Pemilihan yang Luber dan Jurdil ditengah Wabah Covid-19.

Sebagai informasi, pemateri yang diundang oleh Bawaslu di antaranya, Abdul Cholik dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Dian Faricha dari IAIN Tulungung dan Syaiful A’la dari INKADHA Sumenep.( Humas )