Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU AWASI REKAPITULASI DPB TRIWULAN III BULAN SEPTEMBER 2022

BAWASLU AWASI REKAPITULASI DPB TRIWULAN III BULAN SEPTEMBER 2022

Pacitan-Bawaslu Kabupaten Pacitan menghadiri dan melakukan pengawasan langsung terhadap proses koordinasi dan rekapitulasi  Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan III di bulan September 2022 pada Selasa 27 September 2022.

Pada kegiatan Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh KPU Kabupaten Pacitan, Bawaslu Kabupaten Pacitan, OPD Kabupaten  Pacitan, dan Camat Se-kabupaten Pacitan yang bertempat di ruang Rumah Pintar (Rupim) KPU Kabupaten Pacitan.

Dalam rapat koordinasi KPU menyampaikan terkait alur pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih yang mana terdapat 15 tahapan dimulai dari  penyerahan Data kependudukan ke KPU RI hingga penetapan DPT. selain itu KPU Pacitan juga menyampaikan hasil pemetaan TPS untuk Pemilu 2024 dengan jumlah 2.057 TPS.termasuk TPS khusus, misal di Rutan, Pondok dan panti. 

Pemetaan TPS tersebut akan digunakan untuk menghitung logistik, ad hock, dll, sehingga KPU Pacitan tidak bisa bekerja sendiri, namun harus melibatkan seluruh elemen yang berkepentingan di Kabupaten Pacitan untuk saling mensuport dan mendukung suksesnya Pemilu di Pacitan.

Selanjutnya dalam rekapitulasi daftar Pemilih Berkelanjutan KPU Pacitan menyampaikan telah melaksanakan verifikasi Faktual untuk Data Padan dan Non Padan ke Desa-Desa beberapa hari yang lalu dengan hasil memperoleh Data Meninggal  : 287 TMS dan 174 MS, untuk Data Non Padan 1.115 TMS 3.258 MS.  

Sulami selaku Kordiv Pencegahan Bawaslu Pacitan menyampaikan Bahwa Bawaslu Kabupaten Pacitan  juga ikut melakukan pengawasan melekat terhadap proses verifikasi factual terhadap data Padan dan Non Padan  tersebut, dengan metode membentuk 5 Tim untuk melakukan pengawasan melekat. ke Desa- desa mengingat tenaga yang dimiliki Bawaslu Pacitan sangat terbatas, namun tidak mengurangi semangat pengawasan yang harus tetap dilaksanakan.

Adapun hasil pengawasan dari pemutakhiran DPB Triwulan III bagian bulan September 2022 ini adalah sebagai berikut  jumlah Pemilih Laki-laki : 231.985 pemilih, jumlah Pemilih Perempuan : 235.379 pemilih, dengan Jumlah total : 467. 364 pemilih , sedangkan hasil pemutakhiran DPB bagian Bulan Agustus jumlah  Laki-laki : 229.926 pemilih,  jumlah Perempuan : 233.644 pemilih,  Jumlah Total : 463.570 Pemilih, terdapat selisih  cukup signifikan dengan jumlah 3.794 pemilih.