Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU Bersama FORKOPIMCAM, DMI dan GP ANSOR Sosialisasikan Netralitas ASN, TNI , Polri dan Perangkat Desa di Donorojo

BAWASLU Bersama FORKOPIMCAM, DMI dan GP ANSOR Sosialisasikan Netralitas ASN, TNI , Polri dan Perangkat Desa di Donorojo

Bawaslu ikut serta dalam kegiatan pengajian memperingati maulid Nabi Muhammad SAW  dengan tema DONOROJO BERSHOLAWAT pada jumat 22 September 2023 bertempat pendopo kecamatan Donorojo yang digelar oleh Forkopimcam, GP ANSOR, dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).  Dalam acara tersebut turut mengundang kepala desa sekecamatan Donorojo, ketua karang taruna desa sekecamatan Donorojo, dan Majelis taklim & group sholawat sekecamatan Donorojo. 

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 1000 peserta ini, FITRIYANI selaku komisioner Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Panwaslu Kecamatan Donorojo,Kabupaten Pacitan turut serta dalam kegiatan dan memberikan sosialisasi pengawasan kepemiluan untuk masyarakat. 

"Bapak Ibu yang saya hormati, memasuki tahun politik saat ini, mari kita jaga sikap, komentar, termasuk jari kita di media sosial," terang Fitri. "Netralitas ASN,TNI dan Polri serta perangkat desa mutlak dilarang dalam politik praktis, yang mana diharapkan sebagai pejabat publik dan mengurusi hajat hidup orang banyak untuk selalu bersikap netral demi terjaga nya kedamaian dan kerukunan di lingkungan masyarakat," lanjutnya. 

Juga disampaikan saat ini masuk tahapan pendataan DPTb dan DPK yang mana masyarakat bisa melaporkan kepada pengawas desa setempat atau ke sekretariat Panwaslu kecamatan Donorojo jika ada pemilih yang kesulitan mengurus pindah pilih untuk pemungutan suara yang dilaksanakan tepat pada 14 Februari 2023 kelak. 

Tak lupa disampaikan juga dalam acara tersebut,bahwa pengawasan dalam kepemiluan adalah tanggung jawab bersama sehingga dibutuhkan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat agar tercipta kondisi lingkungan yang tetap harmonis dan jauh dari kecurangan ataupun pelanggaran proses pemilu,baik berupa politik uang dsb. "Mari kita kawal demokrasi di negara kita ini dengan baik, agar tercipta suasana yang aman dan kondusif di masyarakat," jelas Fitri.

Disampaikan pula bahwa dalam kepengawasan kepemiluan ditekankan yang utama dan pertama adalah pencegahan,supaya tidak berlanjut menjadi sebuah pelanggaran. Sebagai penutup sosialisasi singkat tersebut, Fitri menyampaikan kepada seluruh warga yang hadir untuk tetap bersatu menjaga kerukunan dan kedamaian di kecamatan Donorojo sampai seluruh tahapan pemilu selesai dilaksanakan. Karena pemilu sukses itu adalah pemilu yang berjalan lancar. "Mari jaga kerukunan, persatuan, agar proses Pemilu ini berjalan lancar. Kita semua yang ada disini bersaudara," pungkasnya. (fit/im/jie/humas)