Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pacitan Dukung Kirab Pemilu Tahun 2024 

Bawaslu Pacitan Dukung Kirab Pemilu Tahun 2024 

Dalam rangka Kirab Pemilu Tahun 2024, seluruh unsur pimpinan dan staf Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan menghadiri prosesi kirab pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Pacitan didepan Pendopo Kabupaten Pacitan , Selasa 18 Juli 2023.

Kirab Pemilu Tahun 2024 kali ini bertemakan "Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa" Mengawali kegiatan, seluruh jajaran adhoc KPU Kabupaten Pacitan (PPK dan PPS) dari 12 Kecamatan unjuk skill menampilkan flashmob dan jingle Pemilu. Tak lupa pagelaran seni budaya, jaranan, ketek ogleng, tarian tetek melek turut memeriahkan Kirab Pemilu Tahun 2024. Dalam kegiatan itu, Ketua Bawaslu Pacitan ini tak segan - segan ikut turun langsung bersama generasi milenial menyemarakkan acara Kirab Pemilu Tahun 2024 tersebut.

Selanjutnya kurang lebih selama satu minggu kedepan akan berada diPacitan untuk berkeliling menyasar ke seluruh Kecamatan Se-Kabupaten Pacitan sekaligus untuk memberikan pendidikan politik kepada warga masyarakat, sebelum dilanjut ke Kabupaten Gunungkidul. Dalam kegiatan tersebut, turut digelar proses penyerahan bendera merah putih dan bendera pataka dari Ketua KPU Kabupaten Ponorogo yang diserahkan kepada Ketua KPU Kabupaten Pacitan.

"Kita mengapresiasi dan mendukung penuh kirab Pemilu Tahun 2024 yang sudah dimulai sejak 14 Februari 2023 lalu, dan saat ini telah tiba di Kabupaten Pacitan," kata Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stefanus HRW. Ia menegaskan, seluruh rangkaian prosesi kirab itu merupakan bentuk potret kesiapan semua pihak untuk mensukseskan pesta demokrasi. Sosialisasi tersebut berfungsi membantu masyarakat memahami Pemilu Tahun 2024 dengan baik, dimana informasi pelaksanaan pemilihan umum pada 14 Februari 2024 mendatang dapat diketahui oleh masyarakat luas, sehingga tidak ada informasi yang terlewatkan. Selama enam hari ke depan , akan dilakukan sosialisasi dan juga pendidikan pemilih kepada seluruh masyarakat Pacitan.

Lebih lanjut Berty mengatakan, kesempatan ini juga digelar deklarasi pemilu yang Luber, sehat dan sebagai sarana pemersatu bangsa. Oleh karena itu melalui pelaksanaan Kirab Pemilu Tahun 2024 tersebut Berty berharap agar kegiatan tersebut sebagai ajang sosialisasi kepada pemilih pemula karena melalui pemberian suara menjadi salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam membawa perubahan bangsa ke arah yang lebih baik. 

Seluruh peserta mengenakan pakaian tradisional khas daerah. Dengan digelarnya Kirab Pemilu Tahun 2024, diharapkan pesta demokrasi di Kabupaten Pacitan dapat berjalan aman, lancar, berintegritas dan terhindar dari berbagai konflik akibat adanya perbedaan sudut pandang pemilih sehingga masyarakat mampu hidup berdampingan. (jie/Humas)