Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pacitan Hadiri Rakornas Evaluasi Pengawasan Partisipatif Dalam Pemilihan Umum

m

Agus Hariyanto Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Kota Malang

Dalam rangka melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pengawasan partisipatif dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Evaluasi Pengawasan Partisipatif dalam Pemilihan Umum. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Mercure Malang Mirama Jl. Raden Panji Suroso No.7, Purwodadi, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 30 April s.d 3 Mei 2024

Agus Hariyanto Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat mengungkapkan Rakornas ini menekankan bahwa pentingnya pengawasan Partisipatif masyarakat dalam meningkatkan integritas pemilu.

“Rakornas evaluasi pengawasan partisipasif dalam pemilihan umum ini guna mematangkan persiapan menghadapi pemilihan serentak 2024”.

Selain itu, dalam kegiatan ini mengidentifikasi dan mengevaluasi program pengawasan partisipatif yang berkelanjutan dan mengembangkan strategi untuk menguatkan inisiatif melalui empat level keterlibatan masyarakat : terlatih, terbentuk, berfungsi, dan bergerak.

Lebih lanjut, Agus mengatakan Kegiatan ini sebagai persiapan pengawasan Pilkada. sekaligus sebagai bahan evaluasi terhadap kampanye dan rekapitulasi karena kedua tahapan ini menunjukkan begitu banyak catatan penting, baik dari sisi regulasi dan implementasi maupun pengawasan dan penindakan.