Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pacitan Hadiri Undangan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Bulan Januari Tahun 2022

Bawaslu Pacitan Hadiri Undangan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Bulan Januari Tahun 2022

Bertempat di Rumah Pintar Pemilu KPU Pacitan,Komisioner Bawaslu Kabupaten Pacitan Syamsul Arifin dan Sulami mengadiri Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Bulan Januari Tahun 2022.Senin,31/01/22

Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2021, KPU Kabupaten Pacitan Melakukan Pemutakhiran dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan setiap bulannya. Hal ini dilakukan untuk terus melakukan update daftar pemilih guna menciptakan daftar pemilih yang mutakhir.

Dalam proses pemutakhiran DPB bulan Januari Tahun 2022 ini, KPU menggunakan sumber data dari hasil verifikasi dan validasi yang telah dilakukan sebelumnya Bersama dispendukcapil Kabupaten Pacitan. Selain dari Dispendukcapil kabupaten Pacitan, KPU Kabupaten Pacitan juga mendapat Saran Perbaikan dari Bawaslu Kabupaten Pacitan.

 "KPU Kabupaten Pacitan mengapresiasi Instansi Terkait atas dukungan dan kontribusi dalam proses pemutakhiran data pemilih, semoga mampu mewujudkan data pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir" Ujar Sulis Styorini Ketua KPU Kabupaten Pacitan.

Syamsul Arifin Kordiv Penyelesaian Sengketa menambakan kegiatan pemutakhiran data pemilih  berkelanjutan ini adalah kolaborasi dan kerjasama semua pihak untuk mendapatkan data pemilih yang terjaga validitasnya.

‘’Data kependudukan yang  berproses menjadi data pemilih dan selanjutnya di validasi menjadi daftar pemilih merupakan proses yang cukup dinamis, sehingga di perlukan koordinasi intensif yang berkesinambungan antara Bawaslu, KPU dan Disdukcapil. Dan tentunya dengan Daftar Pemilih yang valid dan mutakhir tersebut akan menjadi salah satu kunci suksesnya pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024’'. Ujar Syamsul

Hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan pada Bulan Januari Tahun 2022 diperoleh sejumlah 465.691 Pemilih dengan terbagi atas pemilih laki-laki sejumlah 231.108 pemilih dan pemilih perempuan sejumlah 234.583 pemilih. Yang tersebara di 12 Kecamatan dan 171 Desa dan Kelurahan.