Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Pacitan Ikuti Rakor Optimalisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Bawaslu Pacitan Ikuti Rakor Optimalisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Bawaslu Pacitan Ikuti rapat Optimalisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kantor Bawaslu Kabupaten Madiun Kamis  (03/9). 

Di era Keterbukaan Informasi, penyelenggaaan Pemilu dituntut lebih terbuka. Khususnya terkait pelayanan publik. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memegang peran penting dalam penyediaan informasi publik secara secara cepat, benar, dan akurat.

Kabag Hukum, Humas, Data Dan Informasi  Lucia Martina Dewi Billem mengungkapkan Tujuan rakor adalah ingin mengetahui sejauh mana pembentukan PPID di masing-masing Kabupaten/Kota, serta menyampaikan beberapa perkembangan baru terkait pelayanan informasi dan dokumnetasi publik di lingkup Bawaslu.

“Kami ingin mengecek dan memastikan sejauh mana PPID di Bawaslu kabupaten/kota. Apakah ada permasalahan-permasalahan. Sekarang ini PPID di masing-masing kabupaten/kota sudah terbentuk, maka tinggal mengolah dan menjalankannya”, kata Lucia

Lucia juga menyarankan semenjak PPID terbentuk, maka semua harus kerja. Kerja dalam artian semua produk-produk atau informasi-informasi apa saja yang sudah dihasilkan oleh masing-masing divisi, harus di kumpulkan dan dipilah-pilah mana yang bisa di publikasi dan mana yang tidak bisa karena termasuk informasi yang dikecualikan.

“Setelah rapat optimalisasi ini persiapan kita tidak hanya berhenti sampai disini. Sembari menunggu SOP dari Bawaslu RI, mulai sekarang Bawaslu kabupaten/kota dapat mempersiapkan seluruh dokumen atau produk dari seluruh divisi, untuk dikumpulkan kemudian dipilah sehingga selanjutnya siap untuk dicantumkan atau diunggah dalam website PPID”.

Sebagai informasi Rakor Optimalisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) diikuti oleh Bawaslu Kabupaten Pacitan, Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Bawaslu Kota Mojokerto, Bawaslu Kota Madiun dan Bawaslu Kabupaten Madiun sebagai Tuan rumah Kegiatan PPID yang di selengarakan Oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur.