Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU PACITAN MENGAJAK PEREMPUAN BERPERAN AKTIF DALAM PENGAWASAN PARTISIPATIF PEMILU 2024 MENDATANG.

BAWASLU PACITAN MENGAJAK PEREMPUAN BERPERAN  AKTIF DALAM PENGAWASAN PARTISIPATIF PEMILU 2024 MENDATANG.

Pacitan – Bawaslu Kabupaten Pacitan menghadiri acara Rapat Kerja Pengurus Anak Cabang Fatayat NU Pacitan  dan melakukan sosialisasi Pengawasan partisipatif terhadap anggota Fatayat tersebut, Ahad 02 Oktober 2022.

Sulami sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Pacitan pada kegiatan tersebut menyampaikan Pentingnya pengawas Partisipatif, memberikian pendidikan tentang politik, dan demokrasi, serta mengajak warga masyarakat untuk  secara aktif memastikan proses pemilu dan pemilihan dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain  itu ia juga mengajak kader- kader Fatayat NU diP PAC Kecamatan Arjosari agar mau berperan aktif dalam pengawasan Partisipatif, keterlibatan perempuan baik secara pribadi maupun kelompok dalam pengawasan partisipatif dipelaksanaan pemilu 2024 yang sudah mulai berproses sejak 14 juni 2022 lalu. Pada kesempatan tersebut ia juga meminta kader-kader Fatayat NU bersama-sama ikut memastikan hak politik sebagai pemilih, dan berani melaporkan jika menemukan suatu dugaan pelanggaran pemilu, tegasnya .”

Pelibatan atau keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif tersebut bukan tanpa alasan, namun bertujuan untuk mewujudkan Pemilu yang dapat berlangsung secara Demokratis dan menjadi Pemilu yang Berintegritas. tujuan lain dari dibentuk dan dikembangkannya pengawas partisipatif ialah merupakan ikhtiyar untuk menghindari terjadinya proses pemilu dari kecurangan, manipulasi  permainan, serta rekayasa yang hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu dan merugikan kepentingan rakyat. Selain beberapa hal tersebut ,masyarakat sipil ini yang bisa dan selalu bersuara kritis dalam mengawasi lembaga penyelenggara pemilu, dan peserta pemilu (kontestan).

semoga dengan ikhtiyar tersebut dapat meningkatkan partisipasi masyarakat juga meningkatkan demokrasi diIndonesia khususnya di Pacitan.