Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU PACITAN MENGHADIRI UNDANGAN RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN VERIFIKASI ADMINISTRASI PERBAIKAN DOKUMEN DAN VERIFIKASI FAKTUAL KEPENGURUSAN KEANGGO

BAWASLU PACITAN MENGHADIRI UNDANGAN RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN VERIFIKASI ADMINISTRASI PERBAIKAN DOKUMEN  DAN VERIFIKASI FAKTUAL KEPENGURUSAN KEANGGO

Pacitan- Kurang lebih selama tiga hari Bawaslu kabupaten Kota termasuk Pacitan  menghadiri undangan dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur terkait Rapat Koordinasi Pengawasan Verifikasi Administrasi Perbaikan Dokumen dan Verifikasi Faktual Kepengurusan Keanggotaan Partai Politik. yang diselenggarakan di Bawaslu Kabupaten Jember pada hari Sabtu hingga Senin tanggala 8-10 Oktober 2022.

Pada kesempatan tersebut semua Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Timur hadir  diantaranya Ketua Bawaslu Provinsi Jawa  Timur  A. Warist (Plt. Humas), Ihkwan A.(Kordiv. PP), Purnomo Satrio p.(Kordiv. Hukum, Rusmifarizal (Kordiv. PS), Eka Rahmawati (Kordiv. PPM), dan Nur Elya A.(Kordiv. SDM).  Keenamnya  memberikan arahan terhadap langkah-langkah Bawaslu Kabupaten/Kota dalam pengawasan tahapan pemilu 2024. 

Purnomo S.P. menegaskan Terkait dengan Perbawaslu 3 tahun 2022 Tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilihan Umum bahwa “kerja sama, sama-sama kerja secara kolektif kolegial itu harus benar-benar dilaksanakan oleh masing-masing komisioner di Kabupaten /Kota sehingga apa yang menjadi harapan kita terkait dengan bagaimana menyusun strategi pengawasan, memikirkan dampak dan hasilnya itu bisa terwujud dengan baik sesuai dengan  SOP pengawasan. Jangan sampai pengawas tidak tau atau tidak baca Perbawaslu 3 tersebut” ujarnya.

Selain itu dibahas juga terkait Evaluasi hasil Pengawasan Verifikasi Administrasi Dokumen Keanggotaan Partai Politik Peserta Pemilu Serentak Tahun 2024. Dari Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Dilanjutkan dengan Pengenalan dan Penyampaian Program kerja Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Provinsi Jawa Timur. 

Penyampaian langkah – langkah Pengawasan / Persiapan  Pengawasan Verifikasi Faktual Kepengurusan Keanggotan Partai Politik Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 oleh Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Yang di teruskan dengan Evaluasi Penerimaan Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) pemilu serentak 2024 dan Pengumpulan data Panwascam untuk dibawa ke Bawaslu RI hari Senin tanggal 10 Oktober 2024.

Yang terakhir dari Rapat Koordinasi tersebut adalah pemantapan dan penguatan baik personal maupun secara kelembagaan oleh ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur A.warist. Dengan harapan sekembalinya ke Kabupaten/Kota masing-masing sudah tidak ada keraguan, kegamangan dalam melangkah namun masing –masing personal saling melengkapi dan menguatkan demi terwujudnya Demokrasi di Indonesia yang demokratis dan berintegritas.