Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU PACITAN RINTIS MoU dengan OKP UNTUK PENDIDIKAN PEMILU DAN PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAWASAN PARTISIPATIF

BAWASLU PACITAN RINTIS MoU dengan OKP UNTUK PENDIDIKAN PEMILU DAN PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAWASAN PARTISIPATIF

Bertujuan untuk Mengembangkan pengawasan pemilu partisipatif sebagaimana perintah UU No 7 tahun 2017 Pasal 104 huruf f dan Pasal 102 huruf d “Meningkatkan Partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu di wilayah Kabupaten /Kota. Bawaslu Pacitan merintis Kerja Sama (MoU) bersama dengan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), Jumat 08 Juli 2022.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Berty Stefanus menyampaikan selamat datang di Kantor Bawaslu Kabupaten Pacitan kepada OKP untuk melakukan rapat koordinasi pagi hari ini. Untuk menyongsong pemilu serentak tahun 2024 Bawaslu menggandeng beberapa mitra setrategis dalam pengawasan proses tahapan pemilu dan pemilihan salah satunya yaitu dengan OKP. Berty meminta kesediaannya nanti pada pelaksanaan tahapan pemilu dan pemilihan dapat berpartisipasi, paling tidak bisa melakukan pengawasan partisipatif perseorangan yang hanya mengawasi di lingkungan sekitar dan bisa menjadi pemantau pemilu dengan persyaratanya mempunyai organisasi dan berbadan hukum yang kemudian di daftarkan ke bawaslu.

Sulami Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga dalam kesempatan tersebut mengatakan “Saat ini kami Bawaslu Pacitan sedang proses merintis  Kerja Sama lintas Lembaga yaitu dengan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP). Bawaslu Pacitan akan membangun sinergi dengan sahabat bawaslu dari unsur kepemudaan (OKP) yang nanti Follow up nya akan diadakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif terkait pengawasan kepemiluan dan pendidikan politik yang dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU). Dalam kesempatan kali ini Sulami juga menyampaikan beberapa Draf MoU yang kemudian akan disepakiti bersama. 

Adapun harapannya kedepan kesediaannya untuk bisa bersinergi.  “Sinergi antara Penyelenggara pemilu (Bawaslu ) dengan berbagai lapisan masyarakat salah satunya dengan OKP sangat penting sekali untuk terus dibangun, sehingga ada kolaborasi pengawasan yang berjalan dengan baik di masyarakat", Ungkapnya.

Dengan demikian apa yang menjadi harapan kita untuk menciptakan proses demokrasi di Kabupaten Pacitan berjalan dengan demokratis dan berintregitas.