Lompat ke isi utama

Berita

Bertepatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Bawaslu Buka Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Daring 2020

Bertepatan  Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Bawaslu Buka Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Daring  2020

Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, Bawaslu RI membuka pelaksanaan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring 2020 secara virtual yang dilaksanakan serentak oleh Bawaslu Provinsi se-Indonesia, Sabtu (2/5/2020).


“Sekolah Kader Pengawas Partisipatif didesain sebagai sekolah virtual kepemiluan, layaknya sekolah pada umumnya, Bawaslu RI telah mendesain kurikulum, sarana prasarana dan seluruh aspek yang dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran. Teman-teman peserta, pastikan diri kalian bisa mengikuti dan lulus hingga tahap akhir,” kata Ely dalam sambutannya.

Kita semua, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota wajib terlibat menyukseskan program ini sejak dari perencanaan dan persiapan pelaksanaannya,” ungkap Ely

menjelaskan, secara garis besar seluruh siswa SKPP Daring akan melalui 3 tahapan, yaitu pembelajaran melalui audio visual, diskusi daring dan terakhir ujian daring. Dalam ketiga tahapan tersebut berlaku eliminasi, yakni jika siswa tidak mengikuti tahapan dari awal dengan baik maka akan gugur dan tidak dapat mengikuti tahapan selanjutnya.

 “Bawaslu RI telah membangun sistem yang sangat baik untuk memantau mana peserta yang menyimak video secara utuh dan mana yang tidak. Akan ketahuan yang nonton dan yang tidak,” tambahnya

bagi peserta yang lulus diharapkan benar-benar akan aktif dalam pengawasan partisipatif dengan cara memberikan informasi awal, menyampaikan laporan secara resmi, baik secara langsung tatap muka maupun media media sosial. Selain itu diharapkan menjadi bibit atau embrio untuk kader-kader pengawasan partisipatif lain di daerah masing-masing.

“Oleh karena itu, nanti kita perlu merumuskan bersama-sama tentang tindak lanjut kegiatan SKPP Daring ini,” pungkasnya.(Humas)