Lompat ke isi utama

Berita

Jelang 9 Desember, Bawaslu Pacitan Maksimalkan Penggunaan Teknologi Informasi untuk Tahapan Pungut Hitung dan Rekap

Jelang 9 Desember, Bawaslu Pacitan Maksimalkan Penggunaan Teknologi Informasi untuk Tahapan Pungut Hitung dan Rekap

Kita semua tahu bahwa pandemi telah memberikan dampak di sektor apapun. Siapapun dan apapun itu, hampir semua terkena imbasnya. Tak perlu terlalu dipermasalahkan, sebab di tengah pandemi seperti sekarang ini ada beberapa hal yang justru lebih bisa dimaksimalkan. Adalah keberadaan teknologi Informasi. Senin, 07/11/2020.

Mengingat 9 Desember, Bawaslu Pacitan maksimalkan Penggunaan Teknologi Informasi untuk Tahapan Pungut Hitung dan Rekapitulasi Penghitungan Suara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan Tahun 2020.

Agus Hariyanto selaku Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Pacitan mengatakan bahwa penggunaan IT berupa Excel Online dan juga Google drive. “Untuk penggunaan IT ini itu menggunakan  Excel Online dan juga Google Drive. Hal ini untuk memback-up Siwaslu dan  Jatimmengawasi”. Terangnya.

Aplikasi Excel Online atau yang disebut dengan spreadsheet ini aplikasi yang digunakan oleh Panwaslu Kelurahan/Desa. Aplikasi ini untuk menginput hasil perolehan suara dari Formulir C Salinan Hasil yang didapat oleh Pengawas Tempat Pemungutan Suara dari masing-masing TPS yang diawasinya. 

Sebagai informasi aplikasi ini sudah terintegrasi menjadi satu dari Panwaslu Kelurahan Desa kemudian Panwaslu Kecamatan dan Bawaslu Pacitan. Sehingga apabila ada update data dari Panwaslu Kelurahan Desa sudah otomotis Bawaslu Pacitan bisa memantau. Selain itu aplikasi ini juga berfungsi untuk mengkroscek data perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan antara yang diperoleh KPU Pacitan dan Jajaranannya dengan Bawaslu Pacitan selaku Pengawas dan Jajarannya.

Harapannya semoga aplikasi ini bisa semakin mempermudah pekerjaan bagi Bawaslu Pacitan dan Jajajan dibawahnya. Dan bisa memberikan data yang akurat dan riil sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.