Lompat ke isi utama

Berita

Kawal Demokrasi Secara Partisipatif, Bawaslu Pacitan Terima Audiensi Aliansi Pengawal Demokrasi Pacitan (APDP)

Kawal Demokrasi Secara Partisipatif, Bawaslu Pacitan Terima Audiensi Aliansi Pengawal Demokrasi Pacitan (APDP)

Bertujuan untuk mengawal proses Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Pacitan Tahun 2020 secara demokratis, Aliansi Pengawal Demokrasi Pacitan (APDP) lakukan audiensi dan sharing ke Bawaslu Pacitan.(Sabtu, 19/9/2020) Organisasi yang terdiri atas  HMI, IMM, GMNI, PMII, Pacitan Institut dan Pemuda Muhammadiyah juga merupakan mitra Bawaslu dalam proses mengawal demokrasi di Kabupaten Pacitan.

Dalam audiensi yang dilakukan secara interaktif, Aliansi Pengawal Demokrasi menanyakan beberapahal sebagai berikut :
1.Kegelisaan APDP terkait penyusunan DPHP.
2.Rekomendasi terkaiat penundaan Pleno DPHP KPU Kabupaten Pacitan.
3.Menanyakan kembali Prosesn Penanganan dugaan pelanggaran ASN.

Selaian menanyakan beberapa di atas APDP memberikan masukan ke bawaslu pacitan sebagai berikut :
1.Agara KPU Pacitan dan Bawaslu pacitan bersinergi menyuseskan Pemilihan Bupati dan Wakilbupati Pacitan Tahun 2020.
2.Pengawas ditekankan pada persoalan yang lebih substansial.
3.Agara Proses Pengawas dan penanagan pelanggaran Bawaslu Pacitan  mengantisipasi timbulnya geseka di tingkat lembaga Ad-Aoc.

“APDP ini terbentuk dengan tujuan mengawal demokrasi, tentunya ketika dalam proses demokrasi ada sesuatu yang kami anggap tidak beres, sudah barang tentu kami tidak akan tinggal diam. Tujuannya supaya pemilu ini berjalan dengan sehat dan pada akhirnya menghasilkan produk demokrasi yang baik”, terang Tonis.

Selain menanyakan terkait beberapa permasalah pemilihan, APDP juga mengajukan permintaan data secara lisan. Menanggapi hal tersebut, Agus Hariyanto yang saat itu menerima audiensi menjelaskan APDP agar permintaan data merujuk pada mekanisme di PPID. 

Kordiv HHDI Agus Hariyato mengatakan “semua Informasi publik yg bersifat terbuka pasti kita akan publikasikan dan siapa yg minta pasti kita berikan. Penetapan PPID ini sudah disebutkan secara rinci apa saja informasi publik yang ada, baik informasi serta merta, informasi berkala, informasi setiap saat maupun informasi yang dikecualikan", Tegas Agus.

Bawaslu Kabupaten Pacitan mengucapkan terimakasih kepada Aliansi Pengawal Demokrasi Pacitan yang datang ke Bawaslu untuk sharing bersama untuk ikut serta mengawal proses demokrasi di Pacitan. "Sekali lagi Bawaslu Kabupaten mengucapkan terimakasih kepada Aliansi Pengawal Demokrasi yang siap untuk mengawal pelaksanaan demokrasi di Pacitan. Dengan tujuan yang sama dengan Bawaslu yaitu terlaksananya pesta demokrasi di Pacitan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada sehingga hasilnya benar-benar akuntabel dan bisa diterima oleh masyarakat" Ungkap Agus Hariyanto Koordinator Divisi Hukum Hubungan Masyarakat Data dan Informasi. 

Suksesnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan bukan hanya sukses terpilihnya pasangan calon. Namun, juga sukses dalam proses dan pelaksanaannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan serta dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
Harapan kami dari Bawaslu,  Aliansi Pengawal Demokrasi Pacitan ini menjadi mitra Bawaslu dalam mengawal pesta Demokrasi di Pacitan.(Humas)