Lompat ke isi utama

Berita

Kawal Hak Pilih, Bawaslu Pacitan Paparkan Data Hasil Pengawasan Rekap DPHP Tingkat Kabupaten Kepada Bawaslu Jawa Timur.

pacitan

Kordiv P2H Bawaslu Jatim Eka Rahmawati Memberikan Arahan Pada Rakor Persiapan Rekapitulasi DPHP Provinsi Jatim

Bertujuan untuk menghasilkan data pemilih yang Valid di Tingkat Provinsi Jawa Timur, Bawaslu Pacitan melalui Koordinator Pencegahan, Humas, Parmas dan Hubal (P2H) Agus Hariyanto dan satu orang staf pendukung Shinta Mediawati A menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Rekapitulasi DPS tingkat Provinsi Jatim.

Kegiatan Rapat Kordinasi Persiapan Pengawasan Rekapitulasi (DPS) tingkat Provinsi ini dilaksanakan selama 2 hari (12-13 Agustus 2024) bertempat di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan rapat koordinasi ini dilakukan untuk mengoptimalkan konsolidasi data di 38 kabupaten/Kota se Jawa Timur Pasca rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Dalam Sambutannya Kordiv Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat (PPM) Eka Rahmawati mengucapkan terima kasih atas kerja - kerja pengawasan yang sampai pada tahapan rekapitulasi DPHP tingkat Kabupaten/Kota. "Terima kasih dan apresiasi kepada Bawaslu Kab/Kota yang sudah mengawal pelaksanaan Pemutakhitan data Pemilih dengan segala permasalahannya".

Lebih lanjut Eka Rahmawati juga memastikan semua data hasil pengawasan terhadap data anomali, data MS, data TMS dan pemilih tidak dikenali bisa terdokumentasi dan terekap By Name By addres untuk ditindak lanjuti secara bertingkat. "Siapkan data BNBA atas semua data yang tidak bisa diselesaikan di tingkat Kabupaten untuk ditindak lanjuti di tingkat Provinsi" Tegasnya.

Diakhir Sambutannya Eka memastikan penambahan TPS baik usulan Bawaslu setelah pengawasan coklit maupun terhadap data TPS lokasi khusus. "Pasca rakor ini, akan saya sampaikan kepada KPU Provinsi alasan kenapa TPS yang diusulkan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota belum ditindak lanjuti" Pungkasnya.

Sementara itu, Agus Hariyanto. Koordinator P2H Bawaslu Kabupaten Pacitan menyampaikan data hasil rekapitulasi tingkat kecamatan beserta beberapa saran perbaikan yang disampaikan Bawaslu Kabupaten Pacitan pada saat rekapitulasi tingkat Kabupaten. "Rekapitulasi DPHP di Kabupaten berjalan baik dengan menetapkan DPS sebesar 470.276 yang terdiri dari 234,168 pemilih perempuan dan 236,108 pemilih laki - laki" Ucapnya.

Selain itu Agus juga menyampaikan beberapa hal dinamika pengawasan di tingkat Kabupaten Pacitan dan penjelasan beberapa data pendukung yang berkaitan dengan proses rekapitulasi. "Ada beberpa persoalan yang muncul sampai pada tahap rekapitulasi Kabupaten, tetapi semua saran perbaikan yang diberikan oleh pengawas sudah ditindak lanjuti PPK dan jajaran Adhoc" Pungkasnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi kemudian dilanjutkan penyampaian hasil pengawasan Rakapitulasi DPHP tingkat kabupaten dan konfirmasi data Hasil Pengawasan Bawaslu Provinsi kepada 38 Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.