Lompat ke isi utama

Berita

KETUA BAWASLU PACITAN BUKA KEGIATAN PEMANTAPAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN SOLIDITAS PENGAWAS PEMILIHAN TAHUN 2024

sda

Ketua Bawaslu, Syamsul Arifin, membuka kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Soliditas Pengawas Pemilu yang berkarakter bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pacitan di Parai Telengria.25-26 Mei 2024

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu menyatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menggali wawasan kebangsaan pada diri sendiri dan juga menerapkannya dalam kerja tim, sehingga nilai-nilai soliditas sesama anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pacitan tetap terjaga. 

“Kewajiban kami (Bawaslu) adalah memberikan wawasan kebangsaan dan soliditas kepada bapak-ibu sekalian, upaya-upaya yang kami lakukan ini adalah bentuk ikhtiar kami untuk menjaga kekompakan bapak-ibu sekalian untuk terus melaksanakan tugas dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan yang diamanatkan oleh pancasila,” ujar Syamsul.

Letda Misrum mengatakan, para pengawas pemilu merupakan pengawal demokrasi negeri ini. Dengan materi yang intinya untuk memperkuat kesadaran bela negara, para pengawas kembali diingatkan bahwa musuh besar demokrasi adalah adanya politik uang.

“Semua Warga Negara patut menyadari, bahwa kepentingan negara ada di atas kepentingan pribadi dan golongan. Kita harus bersatu demi memperkokoh persatuan dan kesatuan negeri ini,” kata Letda Misrum.

Selain teori, peserta Bimtek juga diajak para instruktur dari Kodim 0801 untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Seperti outbond, olahraga, dan renungan malam. Semua kegiatan dilakukan semimiliter.