Lompat ke isi utama

Berita

Kuatkan sayap pengawasan, 171 Pengawas Kelurahan/Desa se-kabupaten Pacitan Resmi Di lantik

Kuatkan sayap pengawasan, 171 Pengawas Kelurahan/Desa se-kabupaten Pacitan Resmi Di lantik

Bertujuan untuk memperkuat sayap dan pelaksanaan tugas pengawasan sampai di tingkat desa/kelurahan. Sebanyak 171 Pengawas  Kelurahan/Desa (PKD) di 12 Kecamatan se- Kabupaten Pacitan resmi dilantik. 13 s.d 14/03/2020.

Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stefanus HWR, menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan dan pengambilan sumpah janji.

“Saya sampaikan selamat dan sukses atas pengambilan sumpah janji Pengawas Kelurahan/Desa. Semoga amanah dalam bertugas   menjalankan wewenang dengan mengedepankan keadilan”, ungkapnya.

Tak lupa Berty juga  mengatakan bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilantik adalah ujung tombak pengawasan Pilkada, maka beliau berpesan agar tugas yang diemban harus dijalankan dengan sungguh sungguh. "Panwaslu Kelurahan/Desa harus bisa menempatkan posisinya sebagai pihak yang netral tidak memihak ke salah satu pasangan calon. Selain itu Panwaslu Kelurahan/Desa juga dituntut untuk menjalin koordinasi yang baik dengan lembaga Pemilu lainnya yaitu PPS dan juga pemerintahan di desa. Hal ini dimaksudkan sekiranya ada permasalahan bisa diselesaikan dengan cepat", tegasnya.

“Pengawas Kelurahan/Desa itu merupakan penentu sukses Pilkada tahun 2020”, terangnya lebih jauh.

Sebagai informasi pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji dilakukan di masing-masing kecamatan. Yang dipimpin oleh ketua Panwaslu Kecamatan. Dan dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Pacitan, Forkopimcam, serta kepala desa. Ada 171 orang PKD terpilih terdiri atas Arjosari 17 orang, Bandar 8 orang, Donorojo 12 orang, Kebonagung 19 orang, Nawangan 9 orang, Ngadirojo 18 orang, Pacitan 25 orang, Pringkuku 13 orang, Punung 13 orang, Sudimoro 10 orang, Tegalombo 11 orang dan Tulakan 16 orang.

Harapannya dari 171 PKD terpilih tersebut dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pengawas. Sehingga proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah.