Lompat ke isi utama

Berita

Kunjungi KPU, Agus Melihat Langsung Proses Aplikasi SIDALIH

Kunjungi KPU, Agus Melihat Langsung Proses  Aplikasi SIDALIH


Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Pacitan, Agus Hariyanto S.Pd mengunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan guna berkoordinasi terkait Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) pada Kamis (21/09/2023) yang lalu. Kegiatan ini guna memastikan hak pilih masyarakat yang mengalami proses perpindahan atau hal lain dapat terpenuhi kelak saat Pemilu serentak 2024.

Koordinasi ini didampingi oleh Kepala Sub Bagian Pengawasan dan Humas,  serta staf teknis pencegahan dan pengawasan Pemilu. "Kami ingin memastikan proses teknis apabila ada DPTb akan menyalurkan hak pilih mereka," jelas Agus.  “Sebagai penyelenggara pemilu, kita semua wajib melindungi hak  semua warga negara Indonesia dalam menggunakan hak pilihnya sesuai dengan undang-undang dan ketentuan yang berlaku,” lanjutnya.  

Dalam kesempatan tersebut, Agus diterima langsung oleh Eko Setiawan, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Pacitan. Dalam kesempatan tersebut, Agus memantau langsung proses alur teknis DPTb di aplikasi SIDALIH, Modul Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Eko menjelaskan secara rinci , serta melakukan simulasi proses perpindahan DPT. “Terima kasih atas kunjungan Bawaslu, ini sangat penting juga untuk kami komunikasikan, karena DPT telah ditetapkan, ke depannya kita harus menyusun DPTb karena DPTb bagian dari hak pemilih untuk mereka bisa menggunakan hak pilihnya walaupun dia bukan tempat di mana dia terdaftar sebagai pemilih,” kata Eko.

Eko menjelaskan , SIDALIH ini merupakan hal baru dalam pemutakhiran data pemilih dari pemilu ke pemilu yang nantinya akan digunakan pada Pemilu 2024. "Kita masih menyempurnakan datanya, pastinya kontrol dan pengawasan dari Bawaslu akan membantu penyempurnaan ini, sehingga proses pindah lokasi pemilihan kelak tidak akan menjadi satu masalah," jelas Eko. (jie/humas)