Lompat ke isi utama

Berita

Lolly : Pahami Aturan Bawaslu, Agar Kita Tidak Tersesat

Lolly : Pahami Aturan Bawaslu, Agar Kita Tidak Tersesat

Bawaslu menggelar Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pencermatan Daftar Calon Tetap  Tetap (DCT) di Hotel Aston Denpasar , Bali, pada tanggal 26-28 September 2023. Acara yang diikuti seluruh perwakilan Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/ Kota se Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H.Koordinator Divisi: Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI.

Dalam sambutannya, Lolly mengingatkan akan pentingnya literasi dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seluruh anggota Bawaslu. "Kami Bawaslu di tingkat pusat sudah menyusun regulasi, strategi, dan arah kerja anda semua. Aturan - aturan ini wajib anda pedomani," tegas Lolly.

Peta politik yang semakin dinamis akan menaikkan suhu politik di masyarakat. "Tanpa adanya pengetahuan akan regulasi yang kami susun, bisa bisa anda nanti tersesat, dan bisa juga malah menyesatkan yang lainnya. Jadi mari yang belum membaca, dan memahami aturan terbaru Bawaslu, segera kejar ketertinggalannya," ujar Lolly.

"Jadi bisa dikatakan, kalau kita akan menjadi pengawas yang baik dan profesional adalah dengan memahami dan menjalankan regulasi yang ada,kalau tidak kita bisa tersesat bener,"  lanjutnya.

Hal penting selanjutnya adalah wajib menjaga lisan, komentar dan tindakan di masyarakat. "Jangan sampai anggota Bawaslu salah menafsirkan aturan, atau malah tidak berdasar aturan. Itu bisa fatal akibatnya. Hati - hati dalam berkomentar baik lisan maupun di media sosial,nanti bisa jadi kita yang jadi obyek hukum kalau kita tidak memakai dasar hukum dalam bertindak," terang Lolly.

Hal tersebut disampaikan Lolly, sebagai reminder dan pengingat kepada seluruh jajaran Bawaslu di berbagai tingkatan  karena potensi kerawanan mulai muncul seiring tahapan Pemilu yang sudah berjalan.

Dalam rapat koordinasi nasional tersebut, Bawaslu Kabupaten Pacitan diwakili oleh Kepala Sub Bagian Pengawasan dan Hubungan Masyarakat, Marji Wegoyono. Menanggapi instruksi dari Bawaslu RI tersebut, dirinya menyampaikan siap menjalankan amanat dari pimpinan tertinggi Bawaslu tersebut. "Kami siap menjalankan amanah tersebut, untuk menjaga kondusifitas serta menjaga jalannya pesta demokrasi di Pacitan ini," ujar Marji. (jie/ humas)