Lompat ke isi utama

Berita

Luncurkan Rumah Data, Bawaslu Jawa Timur Perkuat Pengawasan Pemilihan Serentak 2024

gh

Bawaslu Provinsi Jawa Timur secara resmi meluncurkan Rumah Data pada Rabu (14/08/2024) di hotel Grand Empire Palace Surabaya. Acara peluncuran ini dihadiri oleh 4.477 peserta yang terdiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), 176 Bawaslu Kabupaten/Kota, 1998 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), 1998 sekretariat Panwascam, serta wartawan dan pemantau pemilu di Jawa Timur.

Rumah Data Bawaslu Provinsi Jawa Timur berfungsi sebagai pusat penyimpanan data untuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD), Panwascam, serta Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Rumah Data ini tidak hanya menyimpan Form A, tetapi juga hasil pengawasan selama hari pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024. Dokumentasi yang disimpan mencakup C-Hasil, kejadian khusus, daftar hadir, dan foto KTP Elektronik Daftar Pemilih Khusus (DPK) di TPS. Pada Pemilu 2024, Rumah Data berhasil mengumpulkan ratusan ribu hasil pengawasan.

Ketua Bawaslu Jawa Timur, A. Warits, menyatakan, "Peluncuran Rumah Data ini merupakan tonggak penting dalam upaya kita untuk mengoptimalkan pengawasan pemilu di Jawa Timur. Dengan adanya Rumah Data, kita memiliki pusat data yang terintegrasi dan akurat, yang akan memudahkan kita dalam mengambil langkah-langkah strategis demi menjaga integritas dan transparansi pada Pilkada Serentak 2024."

Rumah Data juga akan menyimpan imbauan, saran perbaikan, laporan, temuan, rekomendasi, dan sengketa. Terintegrasi dengan website Bawaslu se-Jawa Timur, Rumah Data memungkinkan publik untuk mengakses informasi mengenai pekerjaan pengawas pemilu di seluruh Jawa Timur, sebagai bentuk pertanggungjawaban dan keterbukaan untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap kualitas Pemilihan Serentak 2024.