Lompat ke isi utama

Berita

Meningkatkat Kualitas Sdm Untuk Menyongsong Pemilu 2024

Meningkatkat Kualitas Sdm Untuk Menyongsong Pemilu 2024

Bertujuan meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Jatim Perkuat SDM untuk Pengawasan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan sekaligus Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia menghadiri rapat Kesiapan SDM Pengawas dan Kesekretariatan Bawaslu se-Provinsi Jawa Timur dalam menghadapi Pemilu dan Pemilukada 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Pengawasan Pemilu 2024 dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas yang berintegritas dan siap bekerja sepenuh waktu. Untuk itulah, Bawaslu Jatim selenggarakan rapat koordinasi tentang kesiapan SDM Pengawas se-Jawa Timur, di Probolinggo, Sejak Selasa hingga Rabu (2-3/08/2022)

Ketua Bawaslu Jatim, Moh Amin mengungkapkan bahwa rapat koordinasi tersebut sebagai pemetaan terhadap ketersediaan SDM yang tersebar di 38 Kabupaten/Kota.
“Rapat Kordinasi kali ini kami memetakan tentang kekuatan dan kekurangan SDM Pengawas se-Jatim. Baik itu di tingkat komisioner maupun di jajaran sekretariat,” jelasnya.
Menurut Amin, secara kuantitas, jajarannya di tingkat Kabupaten/Kota mengalami pasang surut.

“Ada jajaran sekretariat yang jadi aparatur sipil negara di lembaga lain, lalu ada juga yang pindah, kemudian ada juga yang masuk sebagai pegawai baru di Bawaslu. Ini perlu kita petakan dengan jelas,” tuturnya.

Amin menuturkan pihaknya akan memastikan ketersediaan SDM demi kualitas pengawasan Pemilu 2024.

“SDM yang berkualitas akan menentukan terhadap pengawasan Pemilu 2024. Kami sering menyampaikan bahwa kalau pengawasan itu berjalan baik, itu kerja semua pihak dan divisi. Tapi bila ada kekurangan, itu karena kami di divisi SDM. Mari bekerja lebih keras untuk suksesnya pengawasan Pemilu 2024,” pungkasnya.