Lompat ke isi utama

Berita

Organisasi Kepemudaan Pelopor Pertama Pengawasan Partisipatif Bawaslu

 Organisasi Kepemudaan Pelopor Pertama Pengawasan Partisipatif Bawaslu

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Pacitan, Muhammad Nur S.PD, M.Pd dalam Kemah Bakti Karang Taruna Kabupaten Pacitan 2023, Minggu (1/10/2023). Lebih lanjut Nur berpesan agar karang taruna Pacitan ikut berperan aktif dalam masa tahapan pemilu ini. 

"Karang taruna adalah salah satu wadah kepemudaan yang organisasinya sampai ke akar rumput, tentu peran sertanya dalam pengawasan partisipatif dan sosialisasi kepemiluan sangat kita harapkan," terang Nur. Namun demikian perlu juga mengetahui norma - norma dan rambu - rambu dalam tahapn pemilu ini.

"Pemilu ini adalah pesta demokrasi negara kita, semua boleh berperan aktif, termasuk pemuda. Namun demikian ada aturan main dan norma - norma yang berlaku dalam pemilu ini," jelas Nur. Lebih lanjut ia menjelaskan, pemuda tentu boleh berperan aktif dalam pemilu dalam semua lini, baik dalam kepanitiaan, maupun peserta. "Tentu boleh pemuda daftar jadi panitia pemilu, ataupun peserta pemilu, tapi harus sesuai dengan regulasinya," jelas Nur.

Nur berharap dengan adanya sosialisasi pemilu dalam Kemah Bakti ini, karang taruna dan organisasi kepemudaan yang lain bisa ikut menjadi pelopor pengawasan partisipatif bersama Bawaslu."Karang taruna sebagai pelopor pertama pengawasan partisipatif untuk bawaslu periode ini, harapannya setelah karang taruna ada banyak organisasi lain yang mengikuti," pungkasnya. (jie/humas)