Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Desa se-Kecamatan Bandar Kawal Data Hak Pilih Melalui Pengawasan Rekapitulasi DPHP

bandar

Bandar - Sehubungan dengan berakhirnya masa coklit dan rekapitulasi hasil coklit, maka Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat desa, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Pacitan Tahun 2024. Rapat Pleno Terbuka ini dijadwalkan pada tanggal 01 Agustus 2024 hingga 03 Agustus 2024 berdasarkan pada Keputusan KPU No 799 Tahun 2024.

 

Sesuai dengan jadwal tersebut di atas, secara serentak Rapat Pleno dilaksanakan pada Hari Sabtu, 03 Agustus 2024 di seluruh desa se-Kecamatan Bandar. Berkenaan dengan ini, Panwaslu Desa mengawasi kegiatan secara melekat sesuai wilayah pengawasan masing-masing untuk memastikan daftar pemilih disusun secara valid dan reliabel.

Imam Mawardi, anggota Panwaslu Kecamatan Bandar, saat melakukan monitoring pengawasan Panwaslu Desa Bandar menyampaikan, "Kami memastikan Panitia Pengawas Pemilu Desa mengawasi sepenuh hati, karena pengawasan yang ketat ini bukan untuk mencari-cari kesalahan penyelenggara, tapi bertujuan untuk memastikan integritas dan transparansi dalam proses penyusunan daftar pemilih, sebagai bagian dari persiapan kita semua menjelang Pemilihan 2024."

Secara umum acara berlangsung kondusif dan lancar, namun tidak membuat Panwaslu Desa lengah dan akan terus mencermati data-data Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS), seperti pemilih yang telah meninggal, data ganda, pemilih dibawah umur, pindah domisili, anggota TNI/Polri, salah penempatan TPS, Pemilih yang tidak dikenali di tahapan pemutakhiran data pemilih hingga ditetapkannya DPT.

Humas