Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Kecamatan Bandar Lantik PAW Panwaslu Kelurahan/Desa

Panwaslu Kecamatan Bandar Lantik PAW Panwaslu Kelurahan/Desa

Terbitnya Surat Edaran Bawaslu Republik Indonesia Nomor 0197 tanggal 12 Juni 2020 adalah tahap awal diaktifkannya kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan Desa di Kabupaten Pacitan. Panwaslu kecamatan Bandar mengawali tugasnya dengan melakukan proses Pergantian Antar Waktu Panwaslu Kelurahan/Desa Bandar. Panwaslu Kelurahan/Desa Bandar yang sebelumnya bernama Fandi Ahmad  telah mengajukan permohonan pengunduran diri. Sehingga Panwaslu Kecamatan Bandar harus melantik kembali Pergantian Antar Waktu (PAW) Panwaslu Kelurahan/Desa Bandar. Minggu/14/06/2020 Sore.
 
Setelah sebelumnya melalui proses koordinasi dan arahan dari Bawaslu Kabupaten Pacitan. Panwaslu Kecamatan Bandar adakan rapat pleno kemudian melihat kembali hasil seleksi dan melakukan proses klarifikasi. Panwaslu Kecamatan Bandar tetapkan Lingga Noviningtyas sebagai PAW Panwaslu Kelurahan/Desa Bandar.

Setelah proses pelantikan, Arif Munawan selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Bandar menyampaikan ucapan selamat kepada Srikandi baru Panwaslu Kelurahan/Desa Bandar tersebut dan memberikan arahannya terkait tugas, wewenang dan kewajibannya. "Sebagai Panwaslu Kelurahan/Desa dituntut untuk memahami tugas, wewenang dan kewajibannya yang diatur dalam undang-undang”, Tegasnya

Selain itu, sebagai Panwaslu Kelurahan/Desa juga harus memiliki peran penting dalam menjalankan pengawasan di setiap tahapan pemilihan. “Harus memiliki karakter dan jati diri serta memahami dan mempraktikkan kode etik dan pedoman perilaku Penyelenggara Pemilu, karena dengan itulah marwah Badan Pengawas Pemilu dapat dijunjung. Desa Bandar merupakan barometer di Kecamatan Bandar, oleh karena itu pengawasan di Desa Bandar harus lebih dibandingkan desa-desa yang lain”, tutur Arif

Proses pelantikan PAW diakhiri dengan Bimbingan teknis yang dilakukan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Bandar, Arif Munawan, Setiyono selaku Divisi PHL dan Anggun Ekasasmi selaku Divisi HPP serta dihadiri oleh seluruh jajaran Sekretariat Panwaslu Kecamatan Bandar.